Manado, (Antarasulut) - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pulau Miangas, sebagai pulau terluar Undonesia, pada 19 sampai 20 Oktober lalu, masih menjadi pembicaraan positif bahkan pujian. 

    sebabnya, Jokowi tak hanya mencatatkan dirinya sebagai Presiden Indonesia pertama dalam sejarah yg berkunjung ke wilayah yg berbatasan langsung dengan Filipina saja, tetapi menyatakan komitmennya akan membangun Indonesia secara merata, tak hanya di Pulau Jawa dan Sumatera saja, sebagaima yang selama ini dilakukan presiden pendahulunya.

     "Kita ingin membangun Indonesia bukan hanya di Jawa saja, bukan hanya di Sumatera saja tapi kita bangun Indonesia dari depan dari pinggiran dari perbatasan," tegas Jokowi dalam sambutannya yang heroik saat tiba di Miangas saat itu. 

     Presiden yg merakyat itu dalam sambutannya pun menyatakan, ingin menjadikan pulau terdepan jadi beranda Indonesia, bukan lagi sekedar halaman belakang.

     "Sehingga pulau-pulau terdepan sepeti Miangas betul betul kita perhatikan dan terus akan kita bangun, kita memandang  memandang Miangas tidak lagi sebagai pulau kecil diantara 17.000 pulau yang dimiliki negara kita, tapi Miangas adalah wajah terdepan Indonesia yang strategis," tegas Jokowi yang dalam kunjungannya ikut didampingi First Lady, Ibu Iriana.


Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024