Manado, (Antarasulut) - Pemerhati olahraga Paulus Adrian Sembel (PAS) mengatakan, untuk menghebatkan kembali prestasi olahraga, para pemangku kepentingan perlu melakukan empat mantap. 

     "Keempat mantap itu adalah masing-masing adalah saringan, pembinaan, pendanaan dan kesejahteraan atlet," kata PAS, dalam diskusi terbuka yang digelar KPM, di Hotel Minahasa, Manado, akhir pekan lalu. 

     Dia mengatakan, keempat hal tersebut penting dilakukan untuk menghebatkan kembali olahraga di Sulut yang terpuruk pada tahun ini, dimana hanya bisa menyumbangkan 1 medali emas, padahal anggaran yang dikucurkan sangat besar. 

     Menurut PAS, hal yang juga penting untuk dilakukan adalah sinergitas antara pemerintah provinsi dan kota/kabupaten di Sulut, sehingga bisa menggairahkan olahraga di daerah. 

     "Juga tidak kalah penting adalah berusaha mencari bibit atlet unggul di kampung-kampung atau secara informal, selama ini kan formal, tidak ada salahnya mencoba yang baru karena itu justru leb ih baik," katanya. 

     Dia pun mengatakan, KONI maupun pemerintah harus bisa menggaet para pengusaha maupun politisi yang memiliki kepedulian yang besar kepada dunia olahraga, pasti bisa menghebatkan olahraga di Sulut. ****

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024