Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Chairil Anwar mengatakan, tepat pukul 24.00. wita, KPU Sangihe menutup pendaftaran calon kepala daerah.

      “ KPU Sangihe sudah menutup pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah Jumat tepat pukul 24.00. wita,” kata anggota KPU Sangihe bidang Sosialisasi, Chairil Anwar, di Tahuna.

      Penutupan pendaftaran pasangan calon kepala daerah kata dia, dilakukan secara nasional pada pukul 24.00 waktu setempat.

      Dengan ditutupnya waktu pendaftaran pasangan calon, kata Chairil, Pilkada Sangihe hanya diikuti dua pasangan calon yang mendaftar.

      “ Sampai akhir masa pendaftaran, hanya dua pasangan calon yang mendaftar ke KPU Sangihe,” kata dia.

     Dua pasangan calon yang mendaftar, kata dia, adalah pasangan HR Makagansa-Fransiskus Silangen yang mendaftar hari Rabu (21/9) dan pasangan JE Gaghana-Helmud Hontong yang mendaftar pada hari kedua yaitu Kamis (22/9).

      “ Hanya dua pasangan calon yang mendaftar di KPU yaitu pasangan Makagansa-Silangen yang diberi nama MASI dan pasangan Gaghana-Hontong yang diberi nama MEGAHAGHO,” kata dia.

     Dua pasangan yang sudah mendaftar akan mengikuti tes kesehatan bertempat di rumah sakit umum pusat Malalayang Manado.

     “ Pasangan calon yang sudah mendaftar akan mengikuti tes kesehatan mulai tanggal 24  –  26 September di rumah sakit Malalayang Manado,” kata dia

     Sedangkan untuk dokumen pendaftaran yang sudah dimasukan ke KPU, saat ini sedang diferivikasi oleh KPU dan Panwas.
    
     “ KPU Sangihe bersama dengan Panwas sedang meneliti keabsahan dokumen pencalonan dari dua pasang calon yang mendaftar,” kata dia.***2***



Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024