Manado, (AntaraSulut) - Gubernur Olly Dondokambey mengatakan keberhasilan Sulawesi Utara (Sulut) di bidang pariwisata telah mendapat pengakuan negara luar.

"Dibukanya penerbangan langsung dari Tiongkok ke Manado tidak hanya mendapat pengakuan dari dalam negeri, akan tetapi datang juga dari luar negeri," kata Gubernur saat pembukaan pameran pembangunan dan promosi hasil-hasil produk daerah di Kayuwatu Manado, Kamis.

Menurut Gubernur, keberhasilan mendatangkan ribuan wisatawan Tiongkok dan negara lainnya tidak bisa dipisahkan dari hasil kerja keras dan antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota serta dukungan masyarakat.

"Keberhasilan ini adalah kerja kita semua karena torang samua (kita semua) adalah ciptaan Tuhan. Mudah-mudahan kerja sama yang sudah dibangun ini bisa berjalan terus-menrus menuju Sulut hebat," ajaknya katanya.

Mantan Ketua Komisi XI DPR-RI itu mengatakan, dibukanya jalur penerbangan langsung dari sejumlah kota di Tiongkok ke Manado berdampak pada kunjungan wisatawan negeri "Tirai Bambu" yang telah mencapai lebih dari 18 ribu orang.

"Ribuan wisatawan dari Tiongkok ini telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian daerah ini," katanya.

Gubernur mengharapkan, semua elemen masyarakat menciptakan suasana aman dan nyaman sehingga memberikan rasa aman bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi-destinasi wisata yang ada di provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa ini.

"Diharapkan peran tokoh agama, tokoh masyarakat dan kalangan pers dapat memberikan yang terbaik untuk provinsi ini. Mari kita buktikan bahwa Bumi Nyiur Melambai merupakan daerah teraman bagi siapa saja yang datang termasuk wisatawan," ajaknya.

Di sisi lainnya, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberikan apresisasi kepada panitia penyelenggaran dan pemerintah kabupaten/kota yang ikut menyukseskan pameran pembangunan.

Pameran tahunan ini, kata dia, selain mempromosikan semua potensi kabupaten dan kota, juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakat Sulut.

"Ke depan pameran pembangunan dan promosi hasil-hasil produk daerah ini akan dibuat lebih baik dan semenarik mungkin," ujarnya.

Ketua Umum Panitia Ulang Tahun Provinsi Sulut ke-52 Jhon Palandung mengatakan, pameran pembangunan dan promosi hasil-hasil produk daerah diikuti 25 stand SKPD Provinsi, 15 stand pemerintah kabupaten/kota, empat stand instansi vertikal, empat stand unsur TNI/Polri serta stand BUMN/Perbankan.***4***



(T.K011/B/G004/G004) 22-09-2016 21:26:47

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024