Bitung, (Antara) - Pemerintah Kota (pemkot) Bitung menerima Penghargaan dari Kementerian Keuangan di Istana Negara yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Wali Kota Bitung Maxmilliaan Jonas Lomban.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut berlangsung pada Pembukaan Rapat Kerja Nasional Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2016, kata Wali Kota Bitung, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih, karena memberikan penilaian yang luar biasa bagi Kota Bitung serta memberikan berkontribusi positif terhadap laporan hasil pemeriksaan, sehingga Kota Bitung mampu meraih gelar WTP secara berturut-turut sejak Tahun 2011.

Bersama 36 daerah lainnya yang terpilih, Lomban mengatakan, hampir semua yang dilaporkan kepada BPK sesuai dengan prosedur standar akutansi berbasis aktual, sehingga pemeriksaan dilakukan pada neraca, realisasi anggaran, arus kas, catatan keuangan, operasional, perubahan ekuitas dan perubahan saldo anggaran lebih.

"Perolehan opini WTP kelima dari BPK terhadap laporan hasil pemeriksaan Pemkot Bitung Tahun 2015, murni didasarkan pada upaya Pemerintah Kota Bitung untuk terus memperbaiki dan semaksimal mungkin meminimalisir kesalahan yang terjadi pada tahun sebelumnya," ungkap Lomban, sambil menambahkan, pihaknya terus mendapatkan bimbingan dan pengarahan dari BPK.

Menyoal batas waktu, terkait catatan rekomendasi atas hasil pemeriksaan LHP Kota Bitung Tahun 2015, Lomban mengatakan, cukup untuk merealisasinya dan berjanji catatan rekomendasi tahun ini tidak akan terulang di tahun berikunya.

"Ini menjadi komitmen Pemkot Bitung untuk terus mempertahankan prestasi yang selama ini diraih bahkan dan terus ditingkatkan guna terwujudnya pengelolaan keuangan yang berkualitas di Kota Bitung,` ungkapnya.

Hari ini, kata Lomban, Pemkot kembali menerima penghargaan atas kinerja yang terbaik bersama SKPD yang ada serta mampu mempertahankan.

Walikota Lomban sebelumnya menjabat Sekot Bitung dan Wakil Walikota Bitung sebelum terpilih menjadi walikota dan dilantik pada April 2016.***2***



(T.KR-FML/B/H005/H005) 21-09-2016 11:12:53

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024