Manado, 22/9 (Antara) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk mencatat jumlah pelanggan layanan data di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tumbuh hingga 870 persen, hal ini mengindikasikan masyarakat di daerah tersebut sudah melek teknologi.

Vice President North Regional XL, Handono Warih mengatakan Manado menjadi kota pertama di Sulawesi yang telah mendapatkan layanan 4G LTE dari XL.

Dia mengatakan Ibu Kota Sulawesi Utara tersebut memiliki total jumlah pelanggan sebanyak 85.000, sekitar 23 persen diantaranya merupakan pelanggan 4G.

"Jumlah pelanggan 4G di Kota Manado terus meningkat sejak layanan 4G resmi tersedia di Manado," jelasnya.

Sebagai gambaran, terhitung sejak Desember 2015-Agustus 2016 terjadi kenaikan hingga 870 persen.

Saat ini, khusus di kota Manado, trafik Data per hari rata-rata lebih dari 2 Terabyte. Tingginya akses Data pada pelanggan di Manado ini pula yang antara lain mendasari implementasi layanan 4G di Manado oleh XL.

"Selain Manado, kota berikutnya di Sulawesi yang akan mendapatkan layanan 4G LTE adalah kota Makassar pada bulan Nopember 2016," jelasnya.

Layanan internet cepat di kota tersebut didukung oleh 36 BTS 4G, yang tersebar di sejumlah kawasan bisnis, pusat perbelanjaan, perkantoran, pusat pendidikan, serta bandar udara.

Area-area lain yang terlayani 4G tersebut antara lain Perkamil, Singkil, Pasar 45, Wanea, Batukota, Malalayang, Winangon, Citraland, Mapanget, Paniki, Paal 4, dan Tuminting.

"XL akan terus meningkatkan kualitas jaringan dan juga wilayah jangkauan layanan internet cepat ini secara bertahap, disesuaikan dengan permintaan pelanggan," katanya.

Tarif layanan XL di Sulawesi juga cukup kompetitif dibandingkan tarif dari kompetitor. Paket layanan Data yang paling diminati adalah HotRod Xtra dan Combo Xtra.

Dengan jaringan berkualitas hingga ke pelosok daerah serta paket layanan yang juga memberikan benefit lebih banyak ke pelanggan, XL yakin layanan telekomunikasi dan Data bisa mendukung program pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional di segala bidang.

Dia mengatakan pelanggan XL di Sulawesi juga meningkat dari tahun ke tahun. Hingga saat ini total jumlah pelanggan mencapai sekitar 1,2 juta pelanggan, dimana mayoritas pelanggan berada di Propinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, kemudian Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

Sementara itu, secara lalu lintas Data, terjadi pertumbuhan yang juga signifikan. Setiap tahun trafik penggunaan layanan Data meningkat 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya.***3***





(T.KR-NCY/B/R017/R017) 22-09-2016 15:06:48

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024