Manado, 22/9 (Antara) - PT XL Axiata TBK (XL) memperkuat jaringan di sebagian besar wilayah Sulawesi sebagai komitmen untuk membangun Indonesia khususnya di bagian timur (Intim).

"Wilayah Sulawesi akan menjadi tujuan pembangunan setelah Jawa, sehingga mulai saat ini XL mulai mempersiapkan layanan dalam menunjang pembangunan tersebut," kata Vice President North Regional PT XL Axiata TBK (XL) Handono Warih di Manado, Kamis.

Dia mengatakan langkah ini sebagai jawaban atas terus meningkatnya kebutuhan pelanggan dan masyarakat atas layanan Data.

"Upaya yang dilakukan diantaranya adalah melakukan pembangunan infrastruktur jaringan fiber optik, pembangunan jaringan 4G LTE dan pemanfaatan spektrum frekuensi 900 MHz untuk layanan 3G," katanya.

Handono mengatakan Sulawesi adalah daerah yang memiliki potensi besar untuk pasar layanan telekomunikasi dan Data ke depan. Kota-kota di sana terlihat semakin menggeliat, seiring dengan pembangunan berbagai sarana infrastruktur.

"Karena itulah kami optimis, secara bisnis wilayah ini cukup menjanjikan dan kami pun tak ragu untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur jaringan di sana, sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pasar yang ada. Tentu saja, di luar hitungan bisnis, kami ingin jaringan XL mampu mendukung percepatan pembangunan ekonomi di seluruh provinsi yang ada di Sulawesi,� jelasnya.

Dia menjelaskan jaringan XL di Sulawesi telah menjangkau 58 kabupaten yang tersebar di empat provinsi. Saat ini jumlah total BTS yang ada di seluruh Sulawesi mencapai lebih dari 1.850 unit, dengan 40 persen diantaranya merupakan BTS 3G dan 4G.

Jaringan backbone fiber optic (FO) sepanjang total 4.150 km telah menopang layanan data untuk sekitar 1,2 juta pelanggan. Sekitar 23 persen pelanggan di pulau itu merupakan pelanggan layanan Data, yang menuntut jaringan yang berkualitas.

Sejumlah area baru yang tahun ini mulaimendapatkan layanan internet cepat 3G antara lain Kab Enrekang, Muna, Buton, Kolaka Utara, Parigi Moutong, Tojo Una-Una, dan Bolaang Mongondow.

Tahun ini, katanya, pembangunan jaringan FO terus berlanjut, yang akan memperkuat kualitas jaringan yang sudah ada, serta memperluas wilayah layanan XL.

Sejumlah proyek pembangunan FO yang sedang berlangsung saat ini antara lain adalahjaringan FO di Makassar sepanjangsekitar 80 km di Manado sepanjang lebih dari 220 km dan di Bulo2 Sengkang�Sulawesi Selatan sepanjang 70 km. ***3***

(T.KR-NCY/B/B012/B012) 22-09-2016 15:05:26

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024