Manado,  (AntaraSulut) - Sebanyak 2.945 siswa SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK negeri dan swasta dari 34 provinsi mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang digelar di Sulawesi Utara tanggal 28 September-3 Oktober.

"Siswa yang ikut ajang ini telah menunjukkan prestasinya di masing-masing daerah, mereka adalah siswa-siswa terbaik di bidang seni," kata Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad di Manado, Senin.

Hamid mengatakan, kegiatan FLS2N pertama kali dilaksanakan pada tahun 2008 di Bandung Jawa Barat dan tahun 2015 dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan.

FLS2N yang ke IX kali ini helat di Manado, Sulawesi Utara mengangkat tema Berkreasi, Berkarya dan Berprestasi.

"Siswa diharapkan menunjukan hasil kreativitas dan karya yang dimiliki berdasarkan nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa, serta mencapai prestasi yang membanggakan," katanya.

Lagi kata Hamid, peserta dari 34 provinsi yang berjumlah 2.945 siswa bila ditambah dengan pendamping, pembina, juri, asisten juri panitia pusat dan panitia akan berjumlah 5.231 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sulawesi Utara Asiano G Kawatu mengatakan, peserta akan memperebutkan sebanyak 243 tropi yang terdiri dari 107 tropi juara I, 68 tropi juara II dan 68 tropi juara III.

Sebanyak 25 jenis lomba yang terdiri dari atas tujuh kelompok seni yaitu seni suara, seni musik, seni tari, seni lukis, seni kriya, seni teater, dan seni sastra.

Siswa yang akan mengikuti kelompok seni ini akan berlomba di Sekolah Ebenhaezar, SMA Lokon Tomohon, SMK 1 Manado, Balai Bahasa, Taman Budaya.

"Siswa yang berprestasi akan diberikan penghargaan berbentuk sertifikat, beasiswa prestasi dan trophy pada juara I hingga juara III, piala bergilir pada provinsi yang menjadi juara umum FLS2N ini," katanya.***4***



(T.K011/B/G004/G004) 29-08-2016 22:16:29

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024