Tomohon, (AntaraSulut) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), Jimmy F Eman mengajak masyarakat menggunakan Bahasa Indonesia saat berkomunikasi yang disebutnya penting karena merupakan jati diri dan citra bangsa.

"Bahasa asing penting juga untuk dikuasai agar kita mampu bersaing dan berperan dalam kehidupan global, tetapi menggunakan bahasa Indonesia jauh lebih penting," kata Wali Kota di Tomohon, Selasa.

Bahasa Indonesia, lanjut dia, telah mampu mempersatukan berbagai suku bangsa dengan beragam budaya, bahasa dan adat istiadatnya ke dalam satu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Bahasa-bahasa daerah pun adalah bagian dari kekayaan budaya bangsa perlu juga untuk dilestarikan," katanya.

Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Tomohon 2004-2009 itu mengharapkan munculnya komitmen bersama memartabatkan bahasa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Bahasa Indonesia benar-benar telah menjadi citra, jati diri dan simbol kedaulatan bangsa," katanya.

Wali Kota Tomohon juga mengingatkan seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar dalam semua kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan.

"Seluruh satuan kerja perangkat daerah diharapkan berpedoman pada Bahasa Indonesia baku saat komunikasi dalam menyampaikan informasi secara langsung maupun melalui kegiatan surat menyurat dalam kegiatan sehari-hari," katanya.

Begitu juga dengan seluruh organisasi dan lembaga vertikal perusahaan daerah maupun swasta agar berbahasa Indonesia baik sebagai cerminan cinta bangsa dan tanah air. ***4***





(T.K011/C/A043/A043) 23-08-2016 16:53:46

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024