Manado, (Antarasulut) - 23 Juli 1973 merupakan awal Deklarasi Pemuda diseluruh Indonesia yang diprakarsai oleh Kelompok Cipayung (HMI,GMKI, GMNI, PMKRI & PMII ) serta organisasi pendiri lainnya.

"Deklarasi itulah awal Komite Nasional Penuda Indonesia (KNPI) terbentuk, dan hari ini kita peringati bersama," Kata ketua DPD I KNPI Sulawesi Utara, Jackson A.W. Kumaat, meneruskan pesan Ketua Umum DPD KNPI Muhammad Rivai Darus, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan usia 43 tahun, ketua umum menyampaikan terima kasih kepada para ketua umum DPD KNPI sepanjang masa.

"Terima kasih kepada Bung David Napitupulu (Alm), Bung Akbar Tanjung, Bung Aulia Rahman, Bung Abdullah Puteh, Bung Didit Haryadi, Bung TJahyo Kumolo, Bung Tubagus Haryono, Bung Hayono Isman, Bung Adiyaksa Dault, Bung Idrus Marham, Bung Hasanudin Yusuf (Alm), Bung Ahmad Doli Kurnia , Bung Aziz Syamsuddin, Dan Bung Taufan EN Rotorasiko, yang telah memberikan pengabdian luar biasa bagi KNPI," tulis Darus.

Menurut Kumaat, Darus juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Organisasi Kepemudaan (OKP) yang berhimpun di KNPI, serta kepada Pengurus DPP KNPI, DPD KNPI Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan seantero Indonesia,tentunya kepada seluruh Pemuda Indonesia.

"Jika seorang anak bangsa telah menulis semangat Pembangunan dengan tintanya, maka berilah kesempatan untuk dia menulis Pembangunan dengan keringatnya” Kata mantan Ketua Ansor Jayapura ini.

Sementara itu, Jacko sendiri mengatakan KNPI merupakan organisasi besar, solid dan telah melahirkan banyak pemimpin baik ditingkat nasional maupun daerah.

“KNPI berdiri sejak 43 tahun lalu, tentu sebagai organisasi besar, KNPI juga telah melahirkan banyak pemimpin baik ditingkat Nasional maupun daerah” katanya.

Ketua DPD KNPI Sulut 2 periode ini menjelaskan bahwa organisasi KNPI didirikan dengan tujuan yang mulia, jelas serta berkesinambungan serta telah memiliki kontribusi besar bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Selain itu menurut Jacko, usia ke 43 ini, KNPI menghadapi banyak ujian, tantangan, hambatan serta gangguan yang justru akan membuat organisasi wadah berhimpunnya pemuda diseluruh Indonesia ini semakin besar dan kokoh kedepannya.

"Melalui momentum ke 43 Tahun berdirinya KNPI, saya mengajak marilah kita bergandeng tangan, menyatukan kekuatan pemuda di Sulut menuju gerakan perubahan yang lebih total demi masa depan Indonesia yang lebih baik dan berkeadilan," katanya.

Dia juga mengajak para pemuda untuk menghilangkan perbedaan, hindari permusuhan, kita tepis rasa kebencian yang diciptakan oleh suatu kepentingan kelompok atau golongan, kita buang jauh-jauh issu SARA yang muncul hanya karena kepentingan politik, mari kita pupuk optimisme, kita tanam dengan semangat persatuan, kita pagari dengan semangat kebersamaan, lalu kita jaga dalam kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ***


Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024