Manado, (AntaraSulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melakukan seleksi terbuka jabatan sekretaris daerah setelah Siswa Rachmat Mokodongan akan dipromosikan menempati jabatan eselon I di kementerian atau lembaga.

"Seleksi calon sekda terbuka untuk semua aparatur yang memenuhi kriteria dan sudah dirampungkan panitia seleksi atau pansel. Aparatur Sipil Negara atau ASN yang memenuhi syarat dapat mengikuti seleksi terbuka ini," kata Wakil Gubernur Steven Kandouw di Manado, Kamis.

Menurut Wakil Gubernur, seleksi ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014.

Selain itu, surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 822.22/5992/SJ tanggal 20 Oktober 2014 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota.

"Pendaftarannya sudah dibuka sejak tanggal 20 juli sampai dengan 9 Agustus 2016," kata Wagub.

Para peserta, kata dia, harus melengkapi persyaratan administrasi yakni berstatus ASN�yang ada di Sulut, usia maksimal 58 tahun sampai dengan 1 Oktober 2016, pendidikan minimal S1, pangkat minimal IV/d, tidak sedang menjalani hukuman, sehat jasmani dan mental dari rumah sakit pemerintah, menyerahkan SPT tahunan 2015 serta telah menyampaiakan LHKPN.

"Bagi yang memenuhi syarat atau kriteria ini diberi peluang mengikuti seleksi. Kami jamin prosesnya transparan dan bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Tahapan tes nanti, kata Ketua DPRD Sulut periode 2014-2015, menggunakan sistem gugur, dan peserta yang dinyatakan lulus berhak mengikuti tes selanjutnya, panitia seleksi dapat menggugurkan peserta jika terbukti ada dokumen yang dipalsukan dan bersangkutan akan didiskualifikasi serta diproses secara hukum.

"Pelaksanaan seleksi ini tidak dikenakan biaya/ pungutan apapun serta keputusan panitia seleksi mengikat dan tidak dapat diganggu gugat. Para peserta seleksi juga dapat mengases website http:/www.bkd.sulutprov.go.id," katanya. ***2***





(T.K011/B/S023/S023) 21-07-2016 22:07:06

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024