Manado, 21/7 (Antara) - Nama-nama calon direksi dan komisaris Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) akan segera disampaikan kepada pemegang saham pengendali yakni Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

"Rencananya dua atau tiga hari ke depan nama-nama yang telah diseleksi oleh Komite Renumerasi dan Nominasi (KRN) akan kami sampaikan langsung kepada pemegang saham pengendali," kata Ketua KRN Bank Sulut dan Gorontalo Alexius Lembong di Manado, Kamis.

Dia mengatakan nama-nama calon direksi dan komisaris yang masuk sebanyak 101 oraang tersebut telah diperiksa dan diteliti semua berkasnya, apakah memenuhi semua persyaratan.

"Kami hanya sampai memberikan peringkat terhadap nama-nama calon yang masuk, selanjutnya diserahkan kepada pemegang saham pengendali," katanya.

Setelah melewati seleksi dan dipilih oleh pemegang saham pengendali, maka nama-nama calon tersebut akan disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk selanjutnya dilakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

"Akan ada 20 calon yang akan masuk ke OJK karena maksimal satu jabatan dua orang, dan direksi Bank Sulutgo sebanyak lima begitu juga komisaris," jelasnya.

Dia menjelaskan calon sebanyak 20 orang tersebut akan ditentukan oleh OJK apakah layak atau tidak menjadi pemimpin suatu bank.

Kepala OJK Sulut Gorontalo dan Maluku Utara Elyanus Pongsoda mengatakan pihaknya akan periksa lagi 20 nama calon yang nantinya mengikutu FPT.

"Walaupun telah memenuhi syarat, namun memiliki trake record yang tidak baik, dengan sangat disayangkan akan gugur dengan sendirinya," kata Elyanus.

Dan, katanya, setelah melewati FPT dan dinyatakan layak, maka nama-nama tersebut akan dikembalikan lagi pada pemegang saham pengendali untuk diputuskan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa.

"Pemegang saham yang akan menentukan siapa yang akan menjadi direksi maupun komisaris," jelasnya.***3***
(T.KR-NCY/B/G004/G004) 21-07-2016 12:48:09

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024