Manado, (Antara) - General Manager PT Angkasa Pura Bandara Internasional Samrat Manado Halendra Waworuntu mengatakan siap melayani penerbangan reguler rute internasional dari dan menuju Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Pada intinya Bandara Samrat siap melayani penerbangan internasional," kata Halendra di Manado, Senin.

Halendra mengatakan kesiapan ini diperjelas karena Bandara Samrat merupakan salah satu bandara internasional yang siap melayani berbagai jenis pesawat.

Dia mengatakan selama ini baru ada penerbangan internasional di Manado dalam bentuk carter namun untuk reguler belum ada, sehingga ke depan diharapkan akan ada, karena potensi di Manado cukup besar.

"Kami tinggal menunggu pemberitahuan dari berbagai maskapai di Indonesia yang akan membuka rute penerbangan langsung internasional," jelas Halendra.

Direktur Komersial Citilink Indonesia Hans Nugroho mengatakan Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia menargetkan penerbangan reguler Manado-Tiongkok akan berlaku pada akhir tahun 2016.

"Kami akan berupaya, penerbangan rute Manado-Tiongkok tidak akan lewat tahun 2016," katanya.

Dia mengatakan kali ini Citilink baru membuka rute penerbangan Manado-Tiongkok dalam bentuk carter belum reguler.

"Kami sementara mempelajari dan mengkajinya, dan diperkirakan akan melayani secara reguler di akhir tahun 2016," jelas Hans.

Distric Manager Sriwijaya Air Manado Achmad Trenggono mengatakan Maskapai Sriwijaya Air menargetkan untuk membuka rute reguler penerbangan langsung Manado (Sulawesi Utara)-Tiongkok maupun sebaliknya pada akhir tahun 2016.

"Rencananya kami membuka penerbangan langsung Manado-Tiongkok secara reguler tahun 2016 ini," katanya.

Achmad mengatakan melihat antusiasme masyarakat Tiongkok datang ke Manado akhir-akhir ini yang cukup tinggi, membuat pihak Maskapai Sriwijaya Air berencana mengambil peluang tersebut.

"Kesempatan ini akan kami manfaatkan dengan baik, karena mampu memberikan dampak yang positif bagi perekonomian daerah," jelasnya.***1***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 18-07-2016 16:28:50

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024