Manado, (Antarasulut) - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw, mengatakan Wali Kota dan wakil wali kota (Wawali) Manado akan dianugerahi penghargaan pahlawan pariwisata.

"Itu adalah buah dari perjuangan bersama untuk memajukan dua pariwisata di Sulut dan Manado," kata Kandouw, di Manado, Jumat.

Kandouw mengatakan, penghargaan tersebut berasal dari pemerintah pusat kepada Manado atas upaya meningkatkan dan menggenjot kepariwisataan di daerah.

Dia mengatakan, memang sebelumnya Manado sama sekali tidak masuk dalam 10 destinasi wisata terbaik Indonesia, dan itu sungguh sayang, karena banyak yang bisa dilihat di Manado.

Tetapi menurutnya, justru hal itulah yang menjadi cambuk bagi pemerintah provinsi dan Kota Manado, sehingga terus berjuang membangun kepariwisataan di daerah.

Akhirnya kata Kandouw, usaha lewat lobi-lobi kepada pengusaha dan maskapai penerbangan lion air, maka disetujuilah kontrak selama empat tahun dan jadilah penerbangan langsung Manado-RRT.

"Sejak tanggal 4 Juli lalu, sudah ada penerbangan langsung Macau-Manado dan Hongkong-Manado, dimana para wisatawan mancanegara dari RRT berkunjung ke Manado tiga hari sekali," katanya.

Karena itu, maka Kementerian Pariwisata membuka mata dan tergugah melihat kerasnya upaya pemerintah provinsi dan Manado yang berbuah manis dengan penghargaan yang akan diterima.

Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, menyambut gembira hal tersebut dan menyatakan akan terus meningkatkan pariwisata di Manado sehingga akan makin dikenal dunia.

"Juga tentu kami akan terus mengajak dan mendorong warga Manado, agar terus menjaga bahkan meningkatkan semua infrastruktur pariwisata di Manado," katanya. ***1***







(T.KR-JHB/B/G004/G004) 15-07-2016 23:43:43

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024