Manado, ((Antarasulut) - Dinas Sosial (Dinsos) Manado, menyalurkan bantuan natura bagi 1.123 warga miskin yang masuk kategori lanjut usia selama sepekan.

"Bantuan yang diberikan tersebut jika dikonversi ke rupiah, senilai Rp1,5 juta untuk satu orang," kata Kepala Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kemas) Dinsos Manado, Jein Barantian, SE, MSi, di Manado.

Dia mengatakan, para lansia yang menerima bantuan tersebut adalah yang miskin, ditandai dengan kartu keluarga sejahtera (KKS) dan memiliki KTP dan KK serta rekomendasi dari lurah.

Dalam penyalurannya, kata Barantian, jika memang ada yang tidak bisa berjalan lagi, dan didampingi anak-anak atau istri, maka disarankan untuk membawa KTP dan KK untuk membuktikan identitas pendamping.

"Tujuannya untuk menghindari salah sasaran dan para penerima mendapatkan apa yang menjadi hak mereka," katanya.

Barantian mengatakan, bantuan yang diberikan kepada para lansia itu adalah beras, minyak goreng, supermi, gula pasir, teluir, ikan kaleng, sampai sabun cuci, untuk membantu meringankan beban mereka.

Pemberian bantuan tersebut, kata Barantian, juga untuk mendukung program wali kota dan wakil wali kota Manado, untuk menyantuni dan membantu para lansia dan tahun ini masuk dalam anggaran 2016.

Untuk tahun ini, kata Jein, penerimanya naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, dimana pada 2015 lalu hanya lima ratus penerima sekarang naik lebih dari seribu orang.

Karena itu, untuk membuat penyaluran tetap berjalan lancar, maka dibagi perkecamatan untuk memastikan mereka menerima semua bantuan dengan benar. ***4***





(T.KR-JHB/B/G004/G004) 29-06-2016 22:26:46

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024