Manado, 27/6 (Antara) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Utara memprogramkan pelaksanaan tes urine bagi sopir bus angkutan mudik Idul Fitri.

"Pemeriksaan urine bagi pengendara bus pada sejumlah terminal di daerah itu dalam rangka menjamin transportasi yang baik.Pelaksanaan tes urine ini dilakukan menjelang Idul Fitri," kata Kepala BNNP Sulawesi Utara (Sulut) Sumirat Dwiyanto, usai memperingati Hari Antinarkotika Internasional 2016, di Manado, Senin.

Ia menambahkan, pemeriksaan urine ini juga akan dilakukan kepada pengendara di perusahaan otobus yang ada di wilayah itu.

Menurut Sumirat, selain terminal pelaksanaan tes urine ini akan digelar pada sejumlah pelabuhan di provinsi itu seperti pelabuhan Manado ataupun Pelabuhan Bitung.

Kegiatan tes urine seperti ini sudah dilakukan setiap tahun menjelang hari raya keagamaan dimana aktivitas, mobilitas kendaraan dan penumpang meningkat.

"Pelaksanaan tes urine ini untuk keselamatan penumpang selama perjalanan mudik," kata Sumirat.

Sumirat mengatakan, dalam menyambut Hari Antinarkotika, pada pekan lalu juga telah melakukan pemeriksaan urine di Terminal Malalayang dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

Pemeriksaan urine di Terminal Malalayang kepada skeitar 25 sopir bus angkuatan kota antarprovinsi dan angkutan kota dalam provinsi.***1***



(T.J009/B/G004/G004) 27-06-2016 21:55:43

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024