Jakarta,  (AntaraSulut) - Tim Chile mempertahankan gelar sebagai juara kompetisi sepak bola Piala Amerika lewat drama adu penalti dalam pertandingan final Piala Amerika 2016 yang berlangsung di Stadion MetLife East Rutherford, New Jersey, Amerika Serikat, Minggu malam waktu setempat atau Senin WIB.

         La Roja, seperti dipantau Antara di Jakarta, menang 4-2 atas La Albiceleste dalam adu penalti setelah menyelesaikan laga 90 menit dan melanjutkann babak tambahan waktu dua kali 15 menit tanpa satu gol pun.

         Empat gol penalti Chile masing-masing dicetak oleh Nicolas Castillo, Charles Mariano Aranguiz, Jean Andre Beausejour, dan Fransisco Andres Silva. Sedangkan dua gol penalti Argentina diperoleh dari sepakan Javier Marcherano dan Sergio Auero.

          Namun, Lionel Messi yang jadi andalan tim Argentina justru gagal membuahkan gol pada adu penalti. Bola tendangan kaki kiri Messi melebar ke sisi kanan gawang Claudio Bravo.

         Walau harus menyelesaikan pertarungan dalam adu penalti, kedua tim bukan tanpa usaha untuk meraih gelar Piala Amerika ke-100 itu pada babak pertama, babak kedua, dan babak waktu tambahan.

         Pada babak pertama, tim asuhan Gerardo Martino hampir membuka peluang lewat tendangan bebas sang kapten Messi pada menit ke-16 dan Gonzalo Gerardo Higuain pada menit ke-21 yang mencuri bola dari pemain belakang Chile Gary Medel. Tapi, tidak satu pun gol tercipta untuk kubu Argentina.

         Permainan babak pertama partai final itu juga diwarnai dua kartu merah oleh wasit Heber Roberto Lopes asal Brazil. Heber memberikan kartu kuning kedua untuk pemain Chile Marcelo Diaz yang menghadang laju Messi pada menit ke-28. Pada menit ke-43, giliran pemain Argentina Marcos Alberto Rojo yang mendapatkan kartu merah karena melanggar Vidal.

          Kedua tim yang pernah bertarung pada final Piala Amerika 2015 itu juga tidak mampu menelurkan satu gol pada babak kedua. Padahal, Chile mendominasi penguasaan bola hingga 54 persen. Sedangkan Argentina telah melakukan 16 tendangan ke arah gawang.

           Kemenangan tim asuhan Juan Antonio Pizzi itu seakan menjadi ulangan partai final Piala Amerika saat tim mereka menjadi tuan rumah pada 2015. Dengan kemenangan pada 2016, Chile telah dua kali menang atas Argentina pada final Piala Amerika dengan drama adu penalti. Gelar itu sekaligus menjadi gelar kedua tim Chile sepanjang penyelenggaraan Piala Amerika.


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024