Tomohon,  (AntaraSulut) - Pemerintah Kota Tomohon Sulawesi Utara (Sulut) dan Okegawa Jepang membangun kerja sama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

"Pemerintah Kota Okegawa berniat menjalin hubungan kerja sama melalui Bridge Toward The Sister City Exchange Project yang bergerak di dua bidang tersebut," kata Sekretaris Daerah Kota Tomohon Arnold Poli di Tomohon, Minggu.

Dia mengatakan negara Jepang adalah mitra dagang dan pendonor utama bantuan pembangunan kepada Indonesia.

Mengawali proyek "sister city" itu, kata dia, Pemerintah Kota Okegawa mengutus Mr Shinichiro sebagai wakil Pemerintah Kota Okegawa berkunjung selama tiga hari di Tomohon.

"Rencana kerja sama ini kemudian dilanjutkan dengan pertemuan dengan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan dan Wali Kota Jimmy F Eman," ujarnya.

Wali Kota memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Okegawa yang mau bekerja sama di bidang pendidikan dan kebudayaan tersebut.

"Kami berharap rencana kerja sama ini ditindaklanjuti dengan Memorandum Of Agreement (MOA) dan selanjutnya disepakati melalui Memorandum Of Understanding (MOU)," katanya.

Dia mengharapkan melalui "Bridge Toward The Sister City Exchange Project" antara Kota Tomohon dan Kota Okegawa akan lebih mempererat hubungan kerja sama antara kedua wilayah itu.

"Ke depan hubungan kerja sama ini diharapkan akan diperluas ke bidang-bidang yang lain seperti dalam kegiatan Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang akan dilaksanakan pada 8 Agustus 2016," katanya.***4***



(T.K011/B/A039/A039) 19-06-2016 20:07:18

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024