Manado, 8/6 (Antara) - Pasar murah Ramadhan diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara menjual gula pasir seharga Rp12.500 per kilogram.

"Gula pasir dalam pasar murah Ramadhan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut jauh lebih murah dibandingkan harga di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Hanny Wajong di Manado, Rabu.

Pihaknya menggandeng PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Persero yang ditugaskan pemerintah pusat untuk menjual gula pasir di Sulut, juga hadir dalam pasar murah Ramadhan.

"Memang masyarakat tidak dianjurkan untuk membeli gula pasir sesuka hati, kami hanya membatasi sesuai dengan kebutuhan, sehingga semua konsumen bisa terlayani dengan baik," katanya.

Hanny mengatakan saat ini harga gula pasir di sentra perdagangan pasar tradisional dan swalayan di kisaran Rp15 ribu hingga Rp17 ribu per kilogram.

"Saya harap masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan pasar murah Ramadhan ini, sehingga dapat membantu meringankan biaya saat menjelang Lebaran," katanya.

Dia mengatakan pasar murah Ramadhan di sekitar 20 lokasi di 15 kabupaten dan kota di daerah tersebut.

Hanny mengatakan di setiap kabupaten dan kota di Sulut akan ada kegiatan pasar murah dan selebihnya akan fokus di sentra yang merayakan Lebaran.

"Kegiatan pasar murah Ramadhan yang lebih dari satu akan dilakukan di Kota Manado dan Kabupaten Bolaang Mongondow karena memeiliki penduduk muslim cukup banyak," katanya.

Ia mengatakan pasar murah Ramadhan dilakukan untuk membantu masyarakat yang akan merayakan Lebaran agar mendapatkan harga kebutuhan pokok yang lebih murah.

Selain gula pasir, juga dijual beras, tepung terigu, mentega, telur, minuman ringan, dan beberapa kebutuhan lainnya yang lebih murah harganya. ***3***


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024