Manado, 31/5 (Antara) - PT Pelindo IV menggelontorkan dana sebesar Rp500 miliar untuk mengembangkan Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) menunjang kawasan ekonomi khusus di wilayah tersebut.

"Nah, tadi dari PT Pelindo IV datang berkoordinasi dengan pemerintah provinsi berkaitan dengan pengembangan pelabuhan Bitung dan Pelabuhan Manado. Mereka (PT Pelindo IV) telah mengalokasikan anggaran untuk itu," kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Manado, Selasa.

Pemerintah provinsi lanjut gubernur, akan memberikan dukungan penuh berkaitan dengan pengembangan kedua pelabuhan tersebut.

"Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung telah mengekspos posisi strategis pengembangan Pelabuhan Bitung dan Manado," katanya.

Ke depan, kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, pelabuhan penumpang di Kota Manado akan digeser ke Pelabuhan Bitung, sementara kawasan tersebut akan dijadikan pelabuhan wisata.

"Pengembangan Pelabuhan Bitung adalah langkah strategis mendukung kawasan ekonomi khusus atau KEK di Kota Bitung, dan ini merupakan upaya positif meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Gubernur.

Bendahara umum PDIP ini meyakinkan direksi PT Pelindo bahwa Pemprov Sulut akan memfasilitasi rencana tersebut dengan memperlancar segala kebutuhan perusahaan BUMN tersebut.

"Jika menemui kendala, tolong diinformasikan, kami siap bantu sehingga semua berjalan seperti yang direncanakan," katanya.

Gubernur menambahkan, PT Pelindo IV berharap Pemprov Sulut menyediakan lahan dalam rangka menuju pembangunan pelabuhan internasional di Kota Bitung.

"Kami juga akan menjamin para investor yang ingin menanamkan modalnya di daerah nyiur melambai. Jangan takut, di Sulut aman, saya jamin tidak ada yang namanya aksi demonstrasi," katanya.***3***



(T.K011/B/G004/G004) 31-05-2016 21:44:16

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024