Jakarta, 30/5 (Antara) - Sebanyak 25 peserta akan berpartisipasi pada pelaksanaan "Tomohon International Flower Festival" (TIFF) tanggal 8-12 Agustus 2016 mendatang di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

"Kami memang hanya membatasi sebanyak 30 perserta pada ajang  turnamen bunga, berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya yang jumlahnya melebihi 30 peserta," kata Wakil Wali Kota Tomohon Syerly A Sompotan di Jakarta, Senin.

Menurut Wakil Wali Kota, pembatasan jumlah peserta turnemen bunga (main event TIFF) lebih pada menjaga kenyamanan peserta maupun wisatawan agar tidak bosan selama menonton.

"Sebanyak 30 peserta yang kami targetkan itu di antaranya peserta dari negara-negara sahabat, provinsi, kabupaten dan kota, badan usaha milik negara dan daerah serta perusahaan yang bergerak di berbagai bidang," katanya.

Dia mengatakan, pada pelaksaaan TIFF tahun ini ada satu iven utama yang direduksi yaitu kontes ratu bunga, di mana pelaksanaannya diundur menjadi dua tahun sekali.

Sebagai gantinya akan dilaksanakan karnaval busana serta beberapa iven lainnya seperti festival kuliner nusantara, turnamen bunga, lomba lampu hias, marathon 10 kilometer serta beberapa iven pendukung lainnya.

"Pemerintah kota optimistis TIFF akan menjadi pintu masuk bagi wisatawan mengenal lebih jauh potensi-potensi pariwisata yang dimiliki Kota Tomohon. Promosi menjadi penting dilakukan agar wisata budaya, panorama alam mampu terangkat ke permukaan dan diketahui wisatawan lokal dan mancanegara," ujarnya.

Wakil Wali Kota berharap iven tahunan ini didukung penuh seluruh warga kota karena diyakini mampu memberikan dampak ganda bagi roda perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.***1***


Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024