Manado, 30/5 (Antara) - Korps Marinir TNI Angkatan Laut melakukan monitoring penanaman terumbu karang melalui kegiatan "Save Our Littoral Life (SOLL)" tahun 2015 di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara.

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Marinir Buyung Lalana dalam sambutan dibacakan Danpasmar-1 Brigjen TNI Marinir Lukman Hasyim di Manado, Senin mengatakan, kegiatan monitoring merupakan tindak lanjut dari rangkaian agenda tahun 2015 dalam program SOLL.

"Program SOLL tersebut menyebar di seluruh perairan nusantara mulai dari perairan pulau Weh Provinsi Nanggroeh Aceh Darusalam dan perairan sekitar Merauke Papua," katanya pada pembukaan monitoring terumbu karang tersebut.

Dia menambahkan, pada pelaksanaan tersebut, ada beberapa titik sektor penanaman terumbu karang di Sulut yang salah satunya di Pantai Malalayang, Manado.

Dia mengatakan dalam mewujudkan keberhasilan program kegiatan SOLL Korps Marinir, tidak terlepas dari dukungan dengan kerjasama berbagai pihak.

Baik dari Kementerian Kelautan dan Perikanan , Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pariwisata serta pemerintah daerah setempat serta seluruh komponen masyarakat yang ikut terlibat, khususnya di Provinsi Sulut.

"Ini merupakan komitmen Korps Marinir Angkatan Laut dalam upaya menyelamatkan dan melestarikan terumbu karang serta sebagai implementasi dalam mendukung program pemerintah yang berkeinginan keras untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros martm, dunia,"katanya.

Menyampaikan terima kasih dan kepada Pemerintah Provinsi Sulut atas dukungan kerjasamanya sehingga acara monitoring terumbu karang di wilayah Sulut dapat dilaksanakan.

"Begitu juga seluruh komponen TNI Polri dan seluruh masyarakat sehingga dapat terselenggara sesuai harapan," katanya.

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Gubernur Sulut Olly Dondokambey serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sulut.

Saat monitoring tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, FKPD, sejumlah penyelam dan anggota marinir melakukan penyelaman di Pantai Malalayang untuk melihat perkembangan penanaman terumbu karang SOLL. ***1***



(T.J009/B/G004/G004) 30-05-2016 16:56:42

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024