Manado, (Antarsulut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado berharap penambahan rute penerbangan langsung dari Manado, Sulawesi Utara(Sulut) ke luar negeri dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Penerbangan langsung Manado-Tiongkok pulang pergi sebagaimana ditegaskan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, adalah sebuah langkah yang baik sekali mendongkrak kunjungan wisata," kata Sekretaris Daerah Kota Manado, Haefrey Sendoh, di Manado, Senin.

Sendoh mengatakan, memang sebelumnya sudah ada penerbangan langsung dari Tiongkok ke Manado, tetapi itu adalah carteran sampai Februari lalu sudah selesai, dan sekarang ada penerbangan langsung yang dicanangkan gubernur.

"Kita berharap penerbangan langsung komersiil ini akan berlanjut terus," katanya.

Dia mengatakan, dulu sempat ada penerbangan dari Guam-Los Angele-Manado-Denpasar oleh Garuda, tetapi kemudian ditutup, lalu Air Asia, lewat Kinabalu ke Manado, lalu Malaysia Air, tetap juga tutup sehingga daerah tetap rugi.

Dia mengatakan, baru-baru ini, datang rombongan turis dari Mongolia, dan mengaku sangat tertarik dengan kondisi Manado, sehingga mau menceritakan dan mengajak sesama bangsanya untuk berkunjung.

Tetapi kata Sendoh, para wisatawan tersebut ingin penerbangan langsung sehingga tidak cape dan bisa langsung menikmati semua potensi wisata Manado, tanpa harus singgah dulu daerah lain.

Tentu saja katanya, pemerintah Manado serta Sulawesi Utara menyambut baik dan berharap para wisatawan tersebut nantinya mau memanfaatkan penerbangan langsung semisal Guang Zhou-Manado atau jalur lain, sehingga bisa memotong kehilangan waktu dan mereka tidak rugi.

Sendoh mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manado, kunjungan wisatawan asing sejak tiga tahun terakhir bervariasi naik turun, dimana pada 2013 kunjungan wisatawan asing sebanyakj 15.974, kemudian 2014 turun menjadi sebanyak 11.979 dan pada 2015 naik lagi menjadi 20.033.

"Pemerintah berharap, untuk tahun ini dengan berbagai inovasi yang dilakukan pemerintah baik lewat pembukaan jalur penerbagan langsung dari dan keluar negeri akan menarik minta wisatawan datang, sekaligus mau mengajak kenalan dan sahabatnya datang ke Manado," kata Sendoh. ***1***







(T.KR-JHB/B/G004/G004) 23-05-2016 20:17:56

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024