Manado, (AntaraSulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan penghargaan kepada tiga siswa peraih medali pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Palembang 15-21 Mei 2016.

"Pemerintah provinsi memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diukir siswa-siswa terpilih jenjang pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas," kata Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey di Manado, Senin.

Pemerintah provinsi memberikan piagam, medali serta uang pembinaan kepada ketiga siswa berprestasi ini.

Amelia Antakusuman (siswa kelas XI SMA Kristen Eben Haezar Manado) meraih medali emas pada mata pelajaran kimia, kemudian Daniel Kevin Tumiwa (siswa kelas IX SMP Lokon Tomohon) peraih medali perunggu bidang studi matematika.

Sedangkan Juan Enrique Kalangi (SD Kristen Eben Haezer) meraih medali perunggu pada mata pelajaran matematika.

"Terima kasih atas usaha dan kerja keras siswa-siswi utusan Sulut yang berhasil mengharumkan nama daerah di Palembang," katanya.

Gubernur Dondokambey berharap siswa-siswa yang mengikuti ajang ini terus berusaha meningkatkan prestasi, dan menjadi motivator bagi peserta didik lainnya.

Pemprov Sulut, ujar Kepala Dinas Pendidikan Nasional Asiano Gamy Kawatu SE MSi, akan terus memfasilitasi anak anak didik yang mengikuti iven-iven yang lebih besar lagi.

Pada ajang OSN Palembang, Provinsi Sulut mengutus sebanyak 29 siswa, di manadelapan siswa SD-SMP mengikuti lomba matematika, delapan siswa SD-SMP lomba IPA dan dua siswa SMP mengikuti lomba IPS.

Sementara untuk SMP diikuti 11 siswa yang akan berlomba bidang matematika, fisika, komputer, biologi, astronomi, ekonomi kebumian, geografi dan kimia, total sebanyak 11 siswa SMA, enam siswa SMP dan 12 siswa SD yang mengikuti OSN tingkat nasional ini. ***4***



(T.K011/B/S023/S023) 23-05-2016 22:22:31

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024