Manado,  (ANTARA Sulut) - Status Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) akan diusulkan menjadi tipe A, kata anggota Komisi III DPR RI Herman Herry di Manado, Selasa.

"Kami tidak bisa bilang kapan, tapi pada masa persidangan nanti kita akan usulkan sehingga tahun ini bisa diputuskan," kata politisi PDIP ini saat kunjungan kerja di Manado.

Sebelumnya Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Polisi Condro Kirono saat meresmikan sembilan kawasan tertib lalu lintas (KTL) di Tomohon, Sulawesi Utara, menyebutkan hal serupa.

Da mengharapkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey ikut mendorong agar tipe Polda Sulut saat ini segera naik status.

Diusulkannya kenaikan status, kata Kirono, karena Provinsi Sulut dikategorikan sebagai daerah strategis dan penting dikaitkan dengan adanya kerja sama antara pemerintah Republik Indonesia dengan trans Pan Pasifik dan pintu masuknya yang paling vital adalah dari daerah ini.

Di Indonesia, polda-polda yang telah berstatus tipe A adalah Polda Aceh, Polda Sumatera Utara, Polda Sumatera Selatan, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda Bali, dan Polda Kalimantan Timur, Polda Sulawesi Selatan dan Polda Papua.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan mengatakan, pihaknya masih menunggu usulan tertulis Kapolda Sulut Brigjen Polisi Wilmar Marpaung.

"Ketika berstatus tipe A, Pak Olly (Gubernur) semakin kuat didukung oleh aparat kepolisian yang ada. Sudah memang layak naik tipe A dan akan diikuti dengan penambahan personel," katanya.

Peningkatan status ini, kata dia, akan bergerak bersama dengan komando daerah militer juga sudah berstatus serupa

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024