Manado, 2/5 (Antara) - Ekspedisi kas keliling Bank Indonesia yang menggunakan KRI Singa-651 tiba di Dermaga Samuel Languyu (Samla) Satkamla Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado di Bitung, Senin.

Kadispen Lantamal Manado Mayor (P) Goeroeh Ardianto di Manado, Senin, mengatakan Manado menjadi tujuan terakhir ekspedisi kas keliling Bank Indonesia (BI) pada wilayah-wilayah terdepan di Indonesia Timur,

"Sebelumnya ekspedisi ini dimulai dari Pulau Ternate Maluku Utara pada tanggal 27 April 2016 dan berlanjut ke Pulau Morotai, Pulau Lirung, Pulau Marore, Pulau Sangihe, dan terakhir ke Manado," katanya.

Dia mengatakan, ekpedisi ini merupakan kegiatan di daerah terpencil dan terluar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan mewujudkan salah satu pilar tugas BI di bidang sistem pembayaran rupiah.

"Ekspedisi ini merupakan kerja sama BI dan TNI AL sejak 2010, telah menjangkau 48 pulau terpencil dan 92 pulau terluar. Tugas ini sangat relevan dengan TNI untuk menegakkan kedaulatan NKRI sampai wilayah perbatasan," katanya.

Hadir dalam penyambutan kapal ekpedisi kas keliling BI antara lain Paban II Sopsal Kolonel Laut (P) Nur Singgih P, Direktur Departemen Pengelolaan Uang (DPU) Kantor Pusat Bank Indonesia Luctor E Tapiheru, Asops Pangarmatim Kolonel Laut (P) Maman Firmansyah.

Kemudian Asops Lantamal Manado Kolonel Laut (P) AM Susanto, Deputi Pimpinan BI Manado Andi Yusnang, Deputi Direktur�Departemen Keuangan BI Hotmina R Purba.

Penyambutan kapal tersebut diwarnai atraksi Tarian Kabasaran. ***2***



Sigit Pinardi

(T.J009/B/S024/S024) 02-05-2016 19:37:26

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024