Tomohon, 26/4 (Antara) - Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Sulut) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tomohon meluncurkan program jaksa masuk sekolah (JMS) di Tomohon, Selasa.

"Telah digariskan dalam UUD 1945 bahwa Indonesia adalah negara hukum sehingga segala penyelenggaraan negara dan pemerintahan harus senantiasa dilandasi oleh aturan-aturan dengan tujuan agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik," kata Kajati Sulut Syahrizal.

Menurut dia, Kota Tomohon merupakan barometer penegakan hukum di Sulut dan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) diharapkan menjadi pillar utama penegakan hukum.

"Tomohon selalu sukses dalam menyelenggarakan kegiatan berkelas seperti pelaksanaan kawasan tertib lalu lintas dan ini salah satu alasan dipilihnya Kota Tomohon sebagai pusat diluncurkannya program jaksa masuk sekolah," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman mengatakan, program ini akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat terutama siswa SMP, SMA/SMK.

"Program ini akan memberikan pengetahuan dan wawasan hukum yang nantinya disosialisasikan Kejari Tomohon bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Daerah. Dari sini siswa memahami hukum yang berlaku, taat dan menjauhi hukuman," katanya.

Dia optimistis program ini memberikan pengenalan dan pembinaan hukum kepada anak usia sekolah dan menjadikan jaksa sebagai sahabat.

Rangkaian program jaksa masuk sekolah dimeriahkan dengan lomba duta adhyaksa, dan yel-yel.

Duta Adhyaksa putri, juara 1 Filya Koyongian (SMK Katolik Karitas), juara 2 Injilia Kuhon (SMA Kristen 2 Tomohon) dan juara 3 Christy Pangemanan (SMA Kristen 1 Tomohon).

Duta Adyaksa Putra, juara 1 Brayen Legi (SMAN 1 Tomohon), juara 2 Djorghy Pandey (SMA Katolik Karitas) dan juara 3 Rafael Kauntu (SMA Kristen 1 Tomohon).

Selanjutnya untuk lomba pidato tampil sebagai juara 1 Audrey Wullur (SMA Kristen 1 Tomohon), juara 2 Chintami Masela (SMP Katolik Stella Maris Tomohon) dan juara 3 Junia Pontoh (SMP Kristen Woloan).

Sedangkan lomba yel-yel, juara 1 SMP N 1 Tomohon, juara 2 SMA Kristen 2 Tomohon dan juara 3 SMA Katolik Karitas Tomohon. ***2***

Ridwan Chaidir

(T.K011/B/R010/R010) 26-04-2016 22:33:42

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024