Minahasa Tenggara, (AntaraSulut) - Ketua TP-PKK Sulawesi Utara Ritha M Dondokambey-Tamuntuan mengatakan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ke 44 tahun 2016 adalah momentum memperkuat peran Dasa Wisma.

"Dasa Wisma adalah ujung tombak gerakan PKK sehingga pembinaan dan fasilitasi hingga ke kader secara kontinyu akan memfungsikan wadah ini," kata istri Gubernur Sulut Olly Dondokambey pada pencanangan HKG Sulut di Kabupaten Minahasa Utara, Rabu.

Dia mengatakan, peningkatan peran Dasa Wisma diarahkan pada pencapaian sepuluh program PKK yaitu penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang serta perumahan dan tata laksana rumah tangga.

Selanjutnya, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup serta perencanaan sehat.

"HKG hendaknya dijadikan momentum melakukan evaluasi terhadap apa saja yang dilakukan PKK selama setahun, menilai diri apakah berhasil atau maju program penguatan, serta merumuskan strategi gerakan tindak lanjut," katanya.

Siklus manajemen program dan kelembagaan seperti ini, harap dia, harus berjalan simultan, dan terus-menerus sehingga 10 program PKK tercapai.

"Karena itu sangat diharapkan gubernur, wali kota dan bupati memberikan dukungan dan memfasilitasi program PKK sehingga memberikan perbaikan taraf hidup dan kehidupan keluarga masyarakat yang maju, sejahtera dan lebih baik," ujarnya.

Gerakan PKK mencakup kebutuhan dasar hidup saat berada di kandungan hingga lanjut usia sehingga diharapkan membangun koordinasi dan relasi dengan jajaran pemerintah daerah, katanya.

"TP-PKK diharapkan ikut mendorong terselenggaranya visi dan misi kepala daerah, jangan pernah merasa berat dan terbeban, mari mengabdi tanpa pamrih meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat," ajaknya.***adve***





(T.K011/B/D016/D016) 27-04-2016 08:16:51

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024