Manado, 23/3 (Antara) - Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Manado, H. Amir Liputo mengatakan, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) digelar pertengahan April 2016 di Kecamatan Singkil, Manado.

"MTQ tingkat Kota Manado kita sudah sepakat akan dilaksanakan di Kecamatan Singkil, kita kejar waktu sebab rencana MTQ Provinsi Sulut akan digelar Mei 2016 di Kabupaten Minahasa Tenggara", kata Liputo usai tatap muka dengan penjabat Wali kota Manado, R.O. Roring, Rabu.

Amir Liputo mengatakan, seharusnya MTQ kota sudah dilaksanakan akhir Februari-Maret, namun kendala utama yang dihadapi LPTQ masalah dana, dimana pelaksanaan hajatan tersebut memerlukan dana cukup besar.

"Hingga kini belum ada sepeserpun dana yang masuk untuk pelaksanaan tersebut, namun kami bertekad, apapun yang akan terjadi, pelaksanaan MTQ harus terlaksana, ada tidaknya dana bantuan, kami harus menggelarnya", tegas anggota DPRD Sulut itu.

Keputusan ketua umum LPTQ Manado itu mendapat dukungan sejumlah pengurus LPTQ dan Pengurus Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Manado untuk melaksanakan MTQ dimaksud.

"Pemerintah Kota Manado akan memberikan bantuannya, namun belum tahu nilainya berapa dan kapan dikucurkan kepada LPTQ, makanya peranserta pengurus dan masyarakat sangat dibutuhkan demi terselenggaranya event bergengsi ini" ucap Liputo.

Amir selanjutnya mengatakan, kontingen Kota Manado tercatat sudah delapan kali mengondul juara umum MTQ tingkat Provinsi Sulut dan tahun ini juga akan mempertahankannya.

"Setiap daerah menginginkan juara umum, apalagi tuan rumah, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri menghadapi MTQ tersebut," kata Sekretaris Umum (Sekum) LPTQ Manado, Harun Pakaya.

Menurut Harun, jangan meremehkan kontingan kabupaten kota lain, sebab persiapannya lebih matang dengan Kota Manado, sehingga harus diwaspadai kemampuan kabupaten kota lainnya.

Sementara itu, Penjabat Wali kota Manado, Roy Roring sebelumnya meminta kontingen Kota Manado mempertahankan gelar juara umumnya dan mampu bersaing secara sehat dikompetisi tersebut.

"Pemkot Manado akan memberikan bantuan bagi LPTQ untuk pelaksanaan MTQ sehingga kontingen kita bisa berjaya kembali, kalau perlu sampai ditingkat nasional", ucap Roring.

MTQ Nasional sesuai rencana akan digelar di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barar (NTB) r awal Agustus 2016, yang akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Pewarta : Guntur Bilulu
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024