Manado, 11/2 (Antara) - Petani kelapa di Provinsi Sulawesi Utara sulit mendapatkan permodalan karena perbankan mensyaratkan harus ada anggunan untuk setiap pinjaman dana.

"Petani kelapa di Sulut masih sulit mendapatkan pembiayaan dari bank karena persyaratan yang belum bisa dipenuhi terutama agunan," kata Ketua Asosiasi Petani Kelapa (Apeksu) Sulut, George Umpel di Manado, Kamis.

Dia mengatakan sebagian besar petani kelapa di Sulut tidak punya sertifikat untuk dijadikan anggunan, padahal usahanya bisa dijadikan jaminan dalam mendapatkan pinjaman dari bank.

Padahal, katanya, ada skim kredit usaha rakyat (KUR) yang dijamin oleh pemerintah tapi tidak semua petani merasakannya.

"Pemerintah menyediakan KUR tapi tidak semudah itu kita mendapatkannya," jelasnya.

Mohon ada campur tangan pemerintah dan perbankan untuk meningkatkan kesejahteraan petani kelapa di Sulut.

Vice President Bank Mandiri Area Manado Hotman Nainggolan mengatakan pada umumnya perbankan siap memberikan kredit ke semua sektor yang ada di Sulut.

"Kami sangat siap untuk memberikan pinjaman ke sektor pertanian dan lainnya, karena ada pembiayaan yang tidak menggunakan jaminan," jelasnya.

Hanya saja, kadang perbankan belum bisa menjangkau jika lokasinya terlalu jauh, tapi selama ini Bank Mandiri memberikan porsi kredit ke sektor produktif hingga 82 persen.

Deputi Bank Indonesia Perwakilan Sulut Yusnang mengatakan perbankan memberikan kredit di Sulut sangat besar bahkan semua dana yang terhimpun di Sulut disalurkan sebagai pinjaman.

Selai itu juga mendatangkan modal dari luar Sulut untuk dipinjamkan ke masyarakat dan pelaku usaha, jelasnya.

Hal ini tercermin pada load deposit rasio (LDR) perbankan Sulut hingga desember 2015 mencapai 132 persen, berarti ada dana dari luar yang masuk ke Sulut.

"Berarti perbankan yang berada di Sulut bukan hanya fokus mengumpulkan dana masyarakat tapi juga berkontribusi sangat besar untuk meningkatkan sektor produktif," jelasnya.

***3***

(T.KR-NCY/B/M019/M019) 11-02-2016 07:27:26

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024