Madrid, 10/1 (Antara/Reuters) - Zinedine Zidane memulai karirnya sebagai pelatih Real Madrid dengan sangat baik ketika Gareth Bale mengemas trigol saat mereka menang 5-0 atas Deportivo La Coruna pada Sabtu, setelah trigol Lionel Messi membawa Barcelona memuncaki klasemen Liga Utama Spanyol.  

Zidane, mantan gelandang Real dan Prancis, yang menggantikan Rafa Benitez pada Senin, mendapat sambutan bak pahlawan oleh para penggemarnya di Bernabeu dan tim merespon dengan penampilan dominan, di mana Karim Benzema mencatatkan dua gol, ke gawang Deportivo yang menghuni peringkat kesembilan.

        Messi terlebih dahulu menginspirasi Barca untuk menang 4-0 atas Granada, yang mengangkat juara Spanyol dan Eropa itu menggeser Atletico Madrid di puncak klasemen pada paruh kedua musim ini.

        Barca, yang memiliki keunggulan satu pertandingan yang belum dimainkan atas para pesaing utamanya, memimpin klasemen dengan 42 angka, sedangkan Atletico tertinggal satu angka di posisi kedua menjelang pertandingan mereka melawan tim peringkat kelima Celta Vigo (31 angka) pada Minggu.

        Real memiliki 40 angka di peringkat ketiga, unggul empat angka atas tim peringkat keempat Villarreal (36) yang menjamu Sporting Gijon pada Minggu.

        Sevilla (29) naik ke peringkat keenam setelah dua gol penyerang Prancis Kevin Gameiro mengamankan kemenangan 2-0 atas tim peringkat ketujuh Athletic Bilbao (28) di Sanchez Pizjuan.

        Rival lokal Sevilla, Real Betis, kalah 0-1 di markas Getafe, untuk menambah tekanan terhadap pelatih Pepe Mel.

        Real memberi Zidane sambutan hangat sebelum pertandingan dimulai, kontras dengan sambutan yang belakangan diterima Benitez, yang didepak setelah kurang dari separuh musim menjadi arsitek tim di sana.

        Zidane harus berterima kasih kepada kompatriotnya Benzema, yang mencetak gol pembukaan pada menit ke-15 ketika ia dengan cerdik menyambut bola umpan sodoran Sergio Ramos dengan sepakan tumit melewati kiper Deportivo German Lux.

        Bale, yang mencetak empat gol saat melawan Rayo Vallecano bulan lalu, mengubah skor menjadi 2-0 tujuh menit kemudian ketika ia menyundul bola kiriman Dani Carvajal, dan pemain Wales itu mengirim umpan silang untuk disambut tandukan Cristiano Ronaldo yang membentur tiang gawang enam menit sebelum turun minum.

        Ronaldo menjadi pengumpan saat babak kedua bergulir empat menit dan Bale mencungkil umpan silang mendatar penyerang Portugal itu melewati Lux untuk mengubah skor menjadi 3-0.

        Pemain termahal di dunia itu melengkapi trigolnya, yang ketiga untuk Real, pada menit ke-63 ketika ia menanduk bola masuk dari tendangan sudut Toni Kroos.

        Bale merupakan pemain pertama di Liga Spanyol yang mencatatkan dua trigol pada musim ini, dan para penggemar memberinya sambutan hangat ketika ia digantikan oleh James Rodriguez saat pertandingan tinggal 15 menit lagi.   
   Ronaldo menyia-nyiakan beberapa peluang sebelum Benzema memasukkan gol melalui tembakan pada masa tambahan waktu.

        "Merupakan hal yang menakjubkan untuk kembali ke Bernabeu menyusul Tahun Baru," cuit Bale di akun Twitternya dengan gambar dirinya bersama Zidane.  

   Sepatu emas 
   Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal di Nou Camp, pengatur permainan asal Turki Ada Turan, melakukan debut Liga Spanyolnya untuk Barca, memberi umpan kepada kapten Messi untuk membuka keunggulan dari jarak dekat pada menit kedelapan.

        Penyerang Argentina itu, yang absen dua bulan pada akhir tahun lalu karena cedera lutut, mengubah skor menjadi 2-0 enam menit kemudian dari assist cerdik Luis Suarez, dan Barca yang tampil dominan menyia-nyiakan sejumlah peluang sebelum turun minum.

        Messi, yang difavoritkan untuk memenangi penghargaan FIFA Ballon d'Or kelimanya pada Senin, melengkapi trigol ke-25nya di Liga Spanyol pada menit ke-58 setelah tembakan Neymar mengenai tiang gawang, mengakhiri puasa trigol terpanjangnya selama enam tahun.

        Neymar menambahi gol keempat tujuh menit sebelum pertandingan usai ketika Messi, yang berada dalam posisi offside, membiarkan bola melaju untuk dikejar pemain Brazil itu dan ia mencungkil bola melewati kiper Granada Andres Fernandez.

        Dengan Granada yang mengapung di atas zona degradasi, pelatih Barca Luis Enrique mengistirahatkan dua gelandang pilihan utama Andres Iniesta dan Sergio Busquets, bek tengah Javier Mascherano, dan bek kiri Dani Alves, dan mengatakan ia akan terus melakukan rotasi pada pekan-pekan mendatang.

        "Saya sekarang melakukan sejumlah perubahan ketika saya mampu dan saya memiliki peluang untuk berbagi beban," kata Luis Enrique.

        "Kuncinya akan terdapat pada pertandingan-pertandingan pada beberapa bulan mendatang dalam kondisi segar, dan itulah mengapa saya memiliki rotasi (waktu bermain)," tambah mantan gelandang Barca dan Spanyol ini.

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024