Manado, 5/1 (Antara Sulut) - Lantamal VIII Manado memperingati hari ulang tahun (Hut) ke-53 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) tahun 2016.

Peringatan itu dilakukan secara sederhana dalam suatu upacara militer, dipimpin Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, di Manado, Selasa.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi dalam sambutan tertulis dibacakan Laksamana Pertama Manahan Simorangkir mengatakan peringatan ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rahmat, bimbingan dan perlindunganNya sehingga prajurit Kowal dapat memberikan pengabdian terbaiknya selama 53 tahun.

"Peringatan ini momentum untuk mengevaluasi dan melakukan introspeksi diri dalam menilai sejauh mana pengabdian dan kinerja Kowal dalam menjalankan peran, tugas dan fungsinya dalam organisasi," katanya.

Dia mengatakan, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, TNI Angkatan Laut telah memberikan kesempatan yang luas bagi anggota Kowal untuk mengikuti pendidikan di dalam maupun di luar negeri.

Ini dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan yang dipersyaratkan bagi organisasi.

Dalam meniti karier, prajurit wanita juga diberikan kesempatan yang sama dengan prajurit pria sesuai dengan kompetensi dalam bidang penugasan.

Salah satunya adalah penugasan prajurit wanita TNI Angkatan Laut sebagai ABK KRI berjenis Landing Platform Dock.

Dengan penugasan tersebut, pola dan sistem kerja prajurit Kowal harus dapat menyesuaikan segala aturan dan situasi yang ada.

"Dengan segala keterbatasan yang dihadapi, Kowal harus mampu dengan sigap dan tangkas serta dapat menjalin kerja sama yang solid dengan anak buah kapal lainnya," katanya.

Upacara yang digelar di Makolantamal Manado, diikuti oleh seluruh personel Lantamal VIII termasuk Batalyom Marhanlan VIII Bitung. ***2***



(T.J009/B/G004/G004) 05-01-2016 18:54:04

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor :
Copyright © ANTARA 2024