Manado, (AntaraSulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, terus berkomitmen menguatkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta program pemberdayaan masyarakat untuk pedagang dan tukang, kata Wali Kota Jimmy F Eman.

"Komitmen tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan lainnya untuk pedagang dan tukang kayu di Kota Tomohon," kata Wali Kota saat menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut di Tomohon, Selasa.

Pemberian bantuan tersebut untuk mengembangkan sektor ekonomi sebagai pendorong utama peningkatan kesejahteraan masyarakat kota berpenduduk lebih dari 101 ribu jiwa ini.

Program ini, lanjut dia, menjadi program prioritas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat secara berkelanjutan untuk percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju UMKM yang mandiri.

Sebabkata dia, UMKM mandiri selain mendorong ekonomi masyarakat juga menjadi salah satu sektor yang mampu menyerap angkatan kerja yang belum terserap lapangan pekerjaan.

"Pemerintah kota berharap bantuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga mendorong peningkatan pendapatan keluarga dan masyarakat," ungkapnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ruddie Lengkong SSTP menjelaskan, pedagang yang menerima timbangan dacin berjumlah 304 orang, timbangan pegas 500, lemari kuliner 135, peralatan tukang 30 set (alat sekap, bor, dan gergaji listrik).

"Diharapkan bantuan yang diberikan ini tidak akan dipindahtangankan serta difungsikan dengan baik dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya. ***4***



Sigit Pinardi

(T.K011/C/S024/S024) 24-11-2015 22:13:54

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024