Manado, 16/11 (Antara Sulut) - Sejumlah nelayan di Malalayang Kota Manado menyambut positif adanya bantuan atau pemberian "konverter kit" sebuah alat bantu dalam operasional menangkap ikan.

Irwan Lantaka, Ketua Kelompok Nelayan Lumba-lumba I Malalayang Manado mengatakan bantuan ini sangat membantu bagi para nelayan.

"Dengan menggunakan alat ini terjadi penghematan pengeluaran pembelian bahan bakar untuk operasional menangkap ikan," kata Irwan, disela-sela penyerahan bantuan konverter kit oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut, di Manado, Senin.

Irwan mengatakan, melalui alat ini, dalam menjalankan mesin perahu bisa menggunakan bahan bakar gas tiga kilogram.

"Informasi yang didapat, akan terjadi penghematan bahan bakar bensin sepuluh liter," kata Irwan.

Denny Sumajouw salah seorang dari kelompok nelayan lainnya mengatakan adanya konverter kit ini akan meringankan nelayan melaut.

"Untuk menjalankan mesin kita tidak lagi membawa 20 liter bensin yang harganya cukup tinggi, tetapi cukup dengan dua tabung gas saja," katanya.

Denny menambahkan adanya alat ini, para nelayan tidak lagi terhambat dengan BBM, sebab bisa beroperasi dengan menggunakan gas.

Penyerahan Konverter Kit tersebut dilakukan di kampung nelayan Malalayang oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Utara.

"Terdapat sekitar 20 konverter diserahkan saat ini," kata Theneke Adam, Kepala Bidang Penangkapan, pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Kealutan Perikanan Sulut.

Adanya peralatan koverter kit tersebut, nelayan bisa melaut atau menjalankan mesin perahu dengan menggunakan bahan bakar gas atau gas elpiji tiga kilogram.

Usai penyerahan itu, para nelayanpun melakukan uji coba dengan berputar-putar menggunakan perahu di Pantai Malalayang tersebut. ***1***



(T.J009/B/Y008/Y008) 16-11-2015 22:28:07

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024