Minahasa Tenggara, (ANTARA) - Setiap desa di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2016 akan mendapatkan Rp500 juta yang bersumber dari dana desa.

"Sesuai informasi yang kami terima, untuk tahun depan anggaran setiap desa memang akan mendapatkan dana desa sekitar setengah miliar," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Minahasa Tenggara Piether Owu di Ratahan, Rabu.

Dirinya menuturkan, total dana desa untuk Kabupaten Minahasa Tenggara berjumlah Rp 76.361.400.000 dengan total desa penerima yakni 135 desa.

"Itu masih akan ditambah formula dana desa yang berjumlah hampir lima miliar, sehingga total dana desa yang akan dikucurkan berjumlah 81 miliar," ujar Piether.

Dirinya menambahkan, total anggaran dana desa pada tahun 2016 masih lebih tinggi dari alokasi pada tahun 2015 yang berjumlah, Rp 36.264.822.000.

"Kalau tahun ini memang dana desa yang dibagikan ke masing-masing desa berjumlah sekitar dua ratus juta, atau hanya setengah dari tahun depan," katanya.

Piether melanjutkan meningkatnya kucuran dana desa ini menuntut kemampuan, keterampilan, kapabilitas, kapasitas dan kompetensi yang juga lebih baik dari aparatur pemerintahan desa.

“Dana semakin besar, berarti tanggungjawabnya semakin besar, pekerjaaannya semakin besar dan harusnya juga manfaatnya semakin besar,” ungkapnya.

Piether menambahkan pada tahun anggaran 2015, masih ditemukan beberapa permasalahan khususnya pada aparat pemerintah desa dalam pengelolaan keuangannya.

“Memang kita masih belajar mulai dari penyusunan dokumen sampai pertanggungjawaban, makanya ada panduan dari pemerintah pusat,” ujarnya.***4***

Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024