Manado, 29/10 (Antara) - Kebakaran yang terjadi di Gunung Soputan Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai dipadamkan lewat udara.
"Untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran di Kabupaten Minahasa Tenggara, tepatnya di kawasan hutan Gunung Soputan mulai dilakukan lewat udara melalui pesawat water-booming," kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Sonny Wenas di Manado, Kamis.
Ada satu pesawat yang melakukan pemadaman di kawasan Gunung Soputan sejak dua hari lalu, ini untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran di daerah tersebut," katanya.
Dirinya menambahkan pesawat tersebut menurutnya secara khusus digunakan untuk melakukan pemadaman di wilayah Sulut, termasuk kebakaran yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara.
"Karena memang wilayah kita, khususnya di dekat Kecamatan Silian, yang sudah masuk kawasan Gunung Soputan mengalami kebakaran yang cukup luas," katanya.
Dirinya menambahkan, setelah diturunkannya pesawat water-booming tersebut, api di kawasan Gunung Soputan sudah dapat dipadamkan.
"Sekarang apinya sudah padam, kita tinggal melakukan pemantauan lagi jika masih ada titik api yang ditemukan petugas kami akan berupaya melakukan pemadaman secara langsung," ujarnya.
Selain itu menurut Sonny, kebakaran hutan di Gunung Soputan tersebut terus dipantau oleh Bupati James Sumendap, dan Wakil Bupati Ronald Kandoli, dan telah memerintahkan segera melakukan pemadaman jika masih ada titik-titik api.
"Makanya kami juga meminta peran masyarakat agar tidak melakukan pembakaran, khususnya di sekitar kawasan hutan Gunung Soputan," tandasnya.

Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024