Manado, 27/10 (AntaraSulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengharapkan penerbangan rute internasional maskapai Citilink Indonesia di Manado secepatnya menjadi reguler dari yang hanya berupa sewa (carter).

"Saat ini PT Citilink Indonesia telah melayani penerbangan internasional dalam bentuk carter Manado-Tiongkok, namun saya sangat berharap akan menjadi reguler dalam waktu dekat," kata Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Sonny Sumarsono di Manado, Selasa.

Sonny mengatakan jika penerbangan rute Manado-Tiongkok menjadi reguler maka kunjungan wisatawan asing khususnya dari Tiongkok dan secara umum Asia akan menjadi lebih banyak.

"Saya berharap penerbangan reguler internasional semakin banyak di Kota Manado. Tentunya pemerintah tidak akan tinggal diam. Saat ini mulai meningkatkan kualitas sektor pariwisata serta promosi," jelas Sonny.

"Kami secara simultan akan mempersiapkan sektor pariwisata di Sulut agar lebih baik lagi, sehingga jumlah kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik akan semakin banyak. Baik di objek wisata alam, bahari, kuliner, hingga transportasi dan kebudayaan akan terus dibenahi dalam waktu dekat," jelasnya.

Direktur Komersial PT Citilink Indonesia Hans Nugroho mengakui pihaknya baru membuka penerbangan internasional Manado-Tiongkok dalam bentuk carter.

"Kami sementara mengkaji lagi untuk dijadikan reguler rute Manado-Tiongkok tersebut," jelasnya.

Hans mengatakan dunia penerbangan dalam membuka rute baru baik domestik maupun internasional perlu ada perhitungan bisnis, selainyang utama mendukung program pemerintah dalam dunia penerbangan.

Saat ini, katanya, Citilink menerbangi 25 kota di Indonesia, mengoperasikan 110 rute dan memiliki sebanyak 214 frekunsi penerbangan setiap hari.

Kota-kota tujuan tersebut yakni Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yokyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makassar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, Tanjung Pandan, Solo, Surabaya, Palangkaraya, Pontianak, Jakarta dan Manado.***1***

(T.KR-NCY/B/S027/S027) 27-10-2015 06:26:58

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024