Minahasa Tenggara, (ANTARA Sulut) - Sejumlah koperasi dari Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan ke Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), untuk belajar mengenai pengembangan koperasi di daerah tersebut.

"Kita mendapat kunjungan dari Koperasi yang ada di Kota Gorontalo, termasuk dengan Dinas yang ingin belajar tentang pengembangan usaha koperasi di daerah kita," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pasar (Disperindagkop) Kabupaten Minahasa Tenggara Marie Makalow.

Marie menuturkan ada dua koperasi di Minahasa Tenggara yang dilakukan kunjungan, yakni koperas yang bergerak pada bidang usaha simpan pinjam, dan koperasi yang mengembangkan usaha arang tempurung.

"Jadi mereka ingin mengetahui bagaimana pengembangan usaha simpan pinjam yang ada di daerah kita, serta bagaimana usaha koperasi arang tempurung yang ada di Kecamatan Touluaan," katanya.

Khusus untuk koperasi pada bidang usaha arang tempurung menurut Marie, yang diperlajari mengenai manajemen koperasi, bahan baku dan pengelolahan, serta proses eksport.

"Khusus untuk arang tempurung ini mereka sangat tertarik untuk dikembangkan di daerahnya, apalagi dari arang tempurung dapat menghasilkan asap cair untuk pengawetan ikan," katanya.

Dirinya menambahkan adanya kunjungan tersebut, menurut Marie menjadi bukti adanya pengakuan dari daerah lain mengenai pengembangan koperasi di Minahasa Tenggara.

"Apalagi program dari Bupati dan Wakil Bupati yang menginginkan koperasi di Minahasa Tenggara terus tumbuh dan berkembang untuk mensejahterakan masyarakat, sehingga koperasi kita sering dijadikan bahan pembelajaran dari koperasi dari daerah lain," tandasnya.

Pewarta : Arthur Karinda
Editor :
Copyright © ANTARA 2024