Manado, 8/10 (Antara) - Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Soni Sumarsono mengatakan petinju yang bertarung di Kejuaraan daerah (Kejurda) tinju harus menjunjung tinggi sportivitas.

"Tunjukkan jiwa sportivitas yang tinggi dalam meraih puncak prestasi dan bersainglah secara sehat," kata Sumarsono dalam sambutan dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulut Meky Onibala, saat membuka Kejurda tinju Sulut, di Manado, Kamis.

Sumarsono mengatakan menyambut baik dan memberikan respons positif dengan dilaksanakannya kejuaraan ini.

Tinju merupakan salah satu cabang olahraga populer di Sulut, dan dalam perkembangannya sebagai cabang berprestasi yang telah mengharumkan daerah dan bangsa.

"Ini perlu terus dikembangkan, antara lain dengan dilaksanakannya Kejurda tersebut," katanya.

Dia menambahkan, tinju juga adalah olahraga pembinaan kepada adik-adik untuk memiliki sikap mental dan kepribdaian yang kuat, berani menghadapi tantangan, jujur dan berprestasi di masa mendatang.

Ketua Pertina Sulut Wenny Lumentut mengatakan para petinju untuk menjunjung tinggi disiplin.

"Gelutilah dunia tinju sebaik-baiknya dengan menjunjung tinggi disiplin. Kalau disiplin bagus, akan menjadi atlet yang baik, junjung tinggi disiplin," katanya.

Sekretaris Panitia Ichad Kundiman mengatakan, Kejurda tersebut mempertandingkan sejumlah kategori masing-masing `school boys` 8-10 tahun, school boys 10-12 tahun, school boys 12-14 tahun, youth putra putri dan elit putra putri.

"Kejurda ini juga sebagai ajang seleksi pembentukan tim tinju Sulut untuk kejuaraan Pra PON di Ambon, Maluku" katanya.

Kejurda itu diikuti petinju dari berbagai sasana, kabupaten maupun kota di Sulut.***4***

(T.J009/B/M019/M019) 08-10-2015 22:45:55

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024