Manado, (AntaraSulut) - Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Soni Sumarsono saat membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo pada perayaan ulang tahun TNI ke 70 menyentil dibangunnya kekuatan pertahanan Indonesia.

"Kita harus bisa memenuhi kebutuhan alat utama sistem pertahanan terpadu di ketiga matra pertahanan darat, laut dan udara karena dewasa ini hampir semua negara berlomba-lomba memajukan teknologi pertahanan," katanya.

Karenanya, modernisasi teknologi pertahanan mutlak dilakukan untuk terus mengimbangi kemajuan zaman, selain diperlukan pembangunan karakter pejuang dalam diri pajurit, revolusi mental untuk profesionalitas, serta penyiapan kualifikasi komando, mekanisme persediaan logistik dalam operasi militer dan non militer, sinergitas antarkorps dan instansi, serta kualifikasi ketrampilan melaksanakan operasi.

"Kiprah TNI yang sedang mewujudkan kemandirian pertahanan dengan mengurangi ketergantungan impor kebutuhan Alutsista melalui pengembangan industri pertahanan, maupun diversifikasi kerjasama pertahanan sesuai kebutuhan nasional," katanya.***adv***

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024