Manado, (AntaraSulut) - PT PLN Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo (Suluttenggo) akan terus menjaga kondisi mesin agar selalu baik, agar mampu memberikan aliran listrik kepada seluruh masyarakat.

"Melihat kondisi cuaca yang mengalami kemarau cukup panjang saat ini, membuat debit air mengalami penurunan dan otomatis akan mempengaruhi penyaluran aliran listrik," kata General Manager PT PLN Suluttenggo Baringin Nababan di Manado, Minggu.

Baringin mengatakan untuk mengantisipasi kemarau yang cukup panjang ini, dan tidak bisa kita hindari maka pihaknya akan terus menjaga agar mesin operasi harus dalam keadaan kondisi baik.

"Saya sudah menegaskan kepada semua karyawan yang terlibat di lapangan maupun di setiap pembangkit agar merawat dan menjaga agar mesin tetap beroperasi dengan baik, sehingga masyarakat terus mendapat suplai listrik," katanya.

Memang harus diakui dengan kondisi kemarau saat ini PLN Suluttenggo mengalami defisit hingga 40 Megawatt, namun pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar masyarakat mendapatkan aliran listrik.

Sehingga, katanya, kondisi mesin harus tetap baik agar tidak terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan.

Daya mampu sistem Suluttenggo saat ini sebesar 320 MW sedangkan beban puncak sistem mencapai 325 MW.

Sehingga masih terjadi kondisi defisit daya sebesar lima MW untuk memenuhi kebutuhan listrik di Suluttenggo, kondisi ini jika tidak terjadikemarau yang panjang.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat menggunakan listrik secara hemat dan seperlunya saja. ***1***


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024