Kendari,  (AntaraSulut) - Kontingen Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sulawesi Utara sukses mempertahankan tradisi tiket PON pada nomor beregu pada ajang prakualifikasi yang dihelat di Kendari, Sulawesi Tenggara.

         Pantauan di Kendari, Minggu bahwa pecatur beregu  Sulut memastikan langkah menuju PON XIX setelah memupuskan harapan pecatur Sulawesi Selatan dan Gorontalo.

         Sedangkan pecatur beregu Sulawesi Tengah yang disebut-sebut "kuda hitam" di arena prakualifikasi masih harus berjuang melalui babak "play off" atau pertandingan penyisisihan memperebutkan tiket PON yang tersisa.

         Sementara, pecatur tuan rumah Sultra Andi Balado lolos merebut tiket PON bersama pecatur Sulawesi Barat Muhamad Johan.

         Dahaga lolos PON bagi pecatur tuan rumah Andi Balado terwujud setelah mengoleksi kemenangan empat babak dari lima babak yang dipertandingkan.

          Beregu catur Sulut bermaterikan Kaharuddin Mokoginta, Musa Manaritik, Artur Faat, Hans Pusung dan Stefen.

         Ofisial  tim pra-PON catur Sulteng Yafet R. Pua mengatakan  atlet binaannya sudah berjuang habis-habisan tetapi harus mengakui keunggulan Sulut.

         "Pecatur Sulteng sudah menunjukkan performa  terbaik namun Sulut lebih siap dan beruntung," kata Yafet.

         Namun demikian, peluang catur beregu Sulteng yang diperkuat Abd Azis, Wahyudin. Firmansyah dan David Hukom masih terbuka melalui play off yang dijadwalkan 4-11 Desember 2015 di Bandung, Jawa Barat.

         Pengurus Percasi Sultra Usman mengaku bangga atas sukses pecatur Andi Balado merebut tiket PON XIX.

         "Para pecatur bertekad dan mengusung ambisi lolos PON XIX/2016 Jawa Barat. Semangat itu dibuktikan Andi Balado, sekaligus mengukir sejarah pertama kali Sultra menempatkan atlet di PON" kata Usman.

         Peta kemampuan para pecatur zona Sulawesi menunjukan kemajuan pesat sehingga kompetisi perebutan tiket akan berjalan ketat.

         Percasi mengatur bahwa pecatur beregu yang menjadi juara maka otomatis lolos PON XIX Jawa Barat. Sedangkan pada nomor perorangan yang dinyatakan lolos adalah pecatur juara dan runner up. 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024