Minahasa Tenggara, (ANTARA Sulut) - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Minahasa Tenggara mencanangkan program seribu desa mandiri benih, yang dilaksanakan di Ratahan, Kamis.

"Ini merupakan program dari pihak Kementerian Pertanian, dan khusus di Minahasa Tenggara mendapat jatah tiga kelompok tani yang ada di tiga desa," katanya Kepala Distanak Elly Sangian.

Dia menambahkan, dengan program tersebut, diharapkan program ini kelompok-kelompok tani mampu menghasilkan benih-benih padi secara mandiri.

"Termasuk untuk mendukjung program tersebut, kita menyiapkan gudang benih dan pembangunan sudah akan dimulai," terangnya.

Selain itu kata Elly pihaknya juga menyalurkan bantuan pertanian kepada 800 kelompok tani yang ada di Minahasa Tenggara pada tahun 2015 ini.

"Ini untuk mencapai target swasembada pangan khususnya beras sampai tiga tahun ke depan," tandasnya.

Sementara itu Asisten III Stanley Pasulatan mewakili Bupati James Sumendap, pada kegiatan pencanangan ini memintakan agar program ini dapat tercapai sesuai harapan.

”Untuk itu, pemerintah daerah memberikan bantuan alat mesin pertanian terhadap kelompok tani serta melihat potensi luas wilayah dan tingkat kesuburan tanah," katanya.

Ditambahkannya dengan bantuan ini diharapkan akan memberikan keuntungan bagi petani sehingga kedepan dapat mendongkrak hasil pertanian.

”Ini semua dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani yang ada di Mitra,” jelasnya.

Turut hadir dalam pencanangan tersebut, ketua DPRD Minahasa Tenggara Tavif Watuseke, Kasdim 1302 Minahasa Mayor I Ketut Sudana.

Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024