Manado (ANTARA Sulut) - Wakil Wali (Wawali) Kota Manado Harley Mangindaan, mengingatkan masyarakat pentingnya program pro keamanan lingkungan (Pro kamling), menyusul kembali terjadinya kasus pembunuhan di Kecamatan Tuminting, Selasa. 

     "Tiga kasus pembunuhan yang terjadi sekaligus di Manado, pada waktu bersamaan, merupakan tanda kalau program yang diluncurkan Pemkot Manado belum mendapat dukungan maksimal di bawah," kata Mangindaan, di Manado, Selasa. 
 
     Mangindaan mengatakan, keamanan itu bukan hanya urusan polisi saja, tetapi merupakan tanggungjawab bersama antara masyarakat, pemerintah dan aparat keamanan, karena itulah maka program pro kamling dibuat, sistem keamanan lingkungan (Siskamling) juga harus dimaksimalkan. 

     Dia mengatakan, patroli malam dengan melibatkan masyarakat harus intensif, meskipun ada pasukan gabungan antara polisi dan tentara yang patroli setiap malam di 11 kecamatan.  

     "Jadi saya mengingatkan seluruh warga Manado untuk aktif ikut mendukung program pro kamling, karena hal tersebut sangat menyentuh masyarakat dan tujuannya memberikan rasa aman kepada warga Manado, sekaligus mencegah tindak kejahatan," katanya. 

     Mangindaan yang merupakan calon wali kota Manado usungan partai Gerindra dan Hanura berpasangan dengan Jemmy Asiku tersebut menegaskan, keamanan, kenyamanan dan kerukunan warga Manado adalah prioritas pemerintah dan dalam pelaksanaannya masyarakat harus terlibat secara langsung. 

     Dia mengingatkan, kepala lingkungan harus selalu menjalankan program tamu wajib lapor satu kali 24 jam, memperhatikan dan meneliti kehadiran orang baru di lingkungannya, dan mengimbau warga untuk menghindari pesta minuman keras, agar tidak menjadi penyulut aksi kriminalitas di Manado. 

     "Yang penting warga Manado juga harus waspada, dan segera melaporkan ke kepala lingkungan atau bisa langsung ke polisi jika melihat orang baru atau mencurigai sesuatu agar bisa mencegah terjadinya aksi kejahatan," katanya. 

     Akan halnya kasus pembunuhan yang terjadi di kelurahan Islam, Tuminting, Mangindaan minta agar keluarga bersabar dan menyerahkannya kepada polisi untuk menyelesaikanya dan mencari pelaku pembunuhan. ***


Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024