Manado (ANTARA Sulut) - Pasangan Harley Alfredo Benfica Mangindaan dan Jemmy Asiku, bertekad mendirikan rumah sakit umum daerah (RSUD) Manado, dan meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan "excelent", jika dipercayakan memimpin Manado, periode 2015-2020 lewat pemilihan kepala daerah 9 Desember 2015. 

     "Kehadiran BLU RSUP Kandou dibawah kewenangan Kementerian Kesehatan RI dan RSUD Ratumbuysang milik pemerintah provinsi Sulawesi Utara, serta milik swasta ternyata belum sepenuhnya bisa memenuhi kebutuhan layanana kesehatan kepada masyarakat Manado," kata Mangindaan didampingi Asiku. 

     Hal tersebut menurut Mangindaan, terlihat jelas dari  masih banyaknya keluhan masyarakat Manado, terutama warga yang menggunakan program perlindungan rakyat semesta atau universal coverage (UC) yang merupakan program unggulan pemerintah kota Manado saat ini. 

     Mangindaan yang saat masih menjabat sebagai wkail wali kota Manado, mengakui keluhan warga tersebut banyak yang disampaikan langsung kepadanya, baik lewat pesan singkat atau saat bertemu langsung dengan warga ketika melakukan kunjungan atau pemeriksaan ke sejumlah rumah sakit di Manado. 

     Mangindaan calon wali kota Manado periode 2015-2020 usungan Partai Gerindra dan Hanura, berpasangan dengan Jemmy Asiku, mengakui pemerintah Manado kesulitan mengintervensi rumah-rumah sakit tersebut, karena masing-masing memiliki aturan sendiri, apalagi bukan berada dibawah kewenangan Manado. 

     "Itu makin membuat kami susah menjangkau meskipun tujuannya adalah membantu masyarakat Manado, yang kesulitan akibat prosedur dan masih dipingpong kesana kemari," katanya. 

     Karena itu, Mangindaan bersama Asiku mengatakan, jika nanti mereka berdua dipercayakan memimpin Manado lima tahun kedepan, maka hal tersebut masuk dalam prioritas untuk diselesaikan, agar layanan "excelent" bagi masyarakat dapat diberikan. 

     "Kami bertekad membangun rumah sakit daerah milik pemerintah Manado, supaya masyarakat bisa dimudahkan, dan jika ada sesuatu pemerintah bisa dengan mudah melakukan intervensi, karena merupakan milik kita," katanya.    
     
      Mangindaan mengatakan selain bertekad membangun RSUD,  sarana dan prasarana mulai dari alat kesehatan trebaik sampai menyediakan tenaga dokter ahli dengan kemampuan yang baik, yang mengabdi langsung di Manado juga menjadi program utama mereka, . 

     "Kami juga mendorong agar rujukan ke RSUP Kandou yang akan menjadi ruamh sakit tipe A lancar dan tidak berbelit-belit sehingga pelayanan kesehatan sungguh-sungguh berubah dan menjadi jauh lebih baik dari sekarang," katanya 

     Mangindaan dan Asiku juga mengatakan, bukan hanya rumah sakit saja tetapi juga pelayanan di Puskesmas akan ditingkatkan, dan mereka akan mengupayakan penambahan tenaga dokter umum, spesialis dan paramedis, dan alat-alat kesehatan, sehingga bisa juga dijadikan sebagai tempat rawat inap. 

     "Tujuannya yah hanya satu memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh warga Manado, karena memang itu sudah menjadi tekad kami berdua," katanya.    ***


Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024