SITARO, (17/8) AntaraSulut - Peringatan detik-detik Proklamasi Republik Indonesia yang ke 70 tahun di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, berlangsung khidmat dan meriah. Bupati Toni Supit bertindak sebagai inspektur upacara bendera di lapangan Batahi Ondong, Senin pagi.

Tepat pukul 10.00 waktu setempat sirine dihunyikan pertanda detik-detik Proklamasi, semua kendaraan turut membunyikan sirine dan klakson kendaraan mereka, suasana hening, hanya bunyi sirine dan dentuman petasan yang ditembakkan ke udara.

Beberapa saat kemudian, Ketua DPRD Sitaro Djibton Tamudia tampil membacakan teks Proklamasi dengan nada nyaring dan intonasi jelas. Suasana upacara tampak sangat khidmat dan berwibawa, dengan komandan upacara Kapten Infanteri Davidson Rading, Danramil Tagulandang.

Pasukan pengibar bendera yang dikomandani Sersan Dua Eldat Sindole dengan langkah tegap lalu memasuki lapangan upacara. Pembawa bendera, Rafika Baliung, siswi SMK Negeri Sitim.

Tampak hadir Wakil Bupati Siska Salindeho, forum pimpinan daerah, pejabat sipil, TNI da Polri, pimpinan badan usaha milik negara dan milik daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat antara lain dari tim perjuangan pemekaran Kabupaten Siau Tagulandang Biaro yang disebut Tim 17.

Usai upacara bendera, dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di dermaga pelabuhan Pehe, dipimpin langsung Bupati Toni Supit, diikuti Wakil Bupati Siska Salindeho, forum pimpinan daerah, pejabat sipil, TNI dan Polri.

Upacara tabur bunga kali ini dimeriahkan dengan pemancangan bendera merah putih dan spanduk Dirgahayu RI ke 70 tahun, di dasar laut sekitar dermaga pelabuhan Pehe oleh grup penyelam di Siau.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024