Minahasa Tenggara, 4/8 (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mengimbau kepada para nelayan di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mewaspadai cuaca ekstrim yang mulai melanda perairan laut di sekitar daerah tersebut.
"Kami meminta para nelayan untuk tetap mewaspadai kondisi cuaca ekstrim yang mulai melanda perairan daerah Sulut," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Minahasa Tenggara George Ruata di Ratahan, Selasa.
Dia pun memintakan agar para nelayan ini tak memaksakan diri untuk melaut jika kondisi cuaca tak memungkinkan mencari ikan di tengah laut.
"Kita harap dengan ada peringatan untuk mewaspadai cuaca buruk saat ini, kami berharap para nelayan untuk tak memaksakan diri, karena akan sangat beresiko," tuturnya.
Sementara itu Kasie Produksi Joppie Pogohong mengakui dengan kondisi cuaca buruk seperti ini, diperkirakan hasil tangkap para nelayan di Minahasa Tenggara akan mengalami penurunan.
"Kami perkirakan kondisi ini akan terjadi sampai bulan Oktober mendatang, dan akan kembali normal hasil tangkapan para nelayan pada November," terangnya.
Senada diungkapkan Imran salah satu nelayan di Kecamatan Belang yang mengakui kondisi cuaca ekstrim saat ini mengganggu hasil tangkapnya.
"Makanya kita juga kita tak mau ambil resiko, jika cuaca buruk kami tak mau melaut," tuturnya.***1***


Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024