Manado, 2/8 (Antara Sulut) - Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Binarko Sugihantyo menutup perkemahan bakti Pramuka Saka Wira Kartika di Bumi Perkemahan Kompi Kavaleri Panser Kodam VII Wirabuana Wori, Minahasa Utara, Minggu

Binarko Sugihantyo mengatakan, perkemahan bakti Pramuka merupakan wahana yang efektif bagi adik-adik Pramuka Gugus Depan Saka Wira Kartika untuk menunjukan hasil pembinaan selama ini di daerah masing-masing.

"Melalui kegiatan ini, pramuka menampilkan dan mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki," katanya.

Dia mengatakan, caraka malam dan api unggun yang dilaksanakan dan diikuti merupakan akhir dari kegiatan perkemahan Pramuka.

"Tujuannya, untuk membangun jiwa kebersamaan, jiwa persatuan dan kesatuan di antara sesama anggota Saka, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar, melatih ketahanan fisik dan mental, sikap kejuangan, disiplin dan tanggung jawab serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar," katanya.

Perkemahan bakti tersebut mengangkat tema "Melalui pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika, kita wujudkan generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan guna tetap terjaganya persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia".

Perkemahan bakti Pramuka yang dibuka Gubernur Sinyo Sarundajang, Jumat (31/7) telah melaksanakan tujuh krida yang meliputi Mountenering, Navigasi darat, survival, penanggulangan bencana alam, pioner, seni budaya dan tapak tenda.

Kegiatan tersebut antara lain diikuti tim Pramuka binaan Kodim 1310 Bitung, tim Pramuka binaan Kodim 1302 Minahasa, tim Pramuka binaan Kodim 1309 Manado, tim Pramuka binaan Kodim 1304 Gorontalo dan tim Pramuka binaan Kodim 1301 Satal.

Hadir pada penutupan tersebut sejumlah pejabat utama Korem Santiago di antaranya Kasrem Kolonel Inf Puji Cahyono, Kasi Intel Letkol Inf Ario Prawiseso, Kasiops Letkol Inf Isa Ansori, Kasipers Letkol Arm Budi Setyanto, Kasilog Letkol Arm Andi Kaharuddin, Kasiter Letkol Inf Theo Kawatu serta Pembina Kwarda Sulut. @antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024