Manado, 31/7 (Antara) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado menggelar bakti sosial dalam rangkaian kegiatan Save Our Littoral Life (SOLL) dengan memberikan pelayanan kesehatan .

Bakti sosial (baksos) dipusatkan di Kelurahan Tandurusa, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, Jumat, mengerahkan tenaga kesehatan gabungan dari Rumah sakti Angkatan Laut dr Wahyu Slamet Bitung, Yonmarhanlan VIII Bitung, dan Dinas Kesehatan Kota Bitung.

"Adapun baksos pelayanan kesehatan tersebut, diberikan secara gratis untuk membantu meringankan beban masyarakat kecil yang sangat membutuhkan," kata Komandan Lantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir.

Kegiatan baksos tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat, dengan banyaknya warga yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan gatis tersebut.

Ratusan masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan itu diantaranya menderita sakit rematik, hipertensi, batuk, flu, dan penyakit kulit.

Pelayanan kesehatan itu sebagai rangkaian kegiatan untuk menyukseskan penanaman transpalasi terumbu karang yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VIII Bitung di Selat Lembeh, Pulau Bangka, Pantai Malalayang, dan Pantai Bunaken sebagai upaya membantu pelestarian terumbu karang di Indonesia.

Sebagai puncak acara penanaman transpalasi terumbu karang "Save Our Littoral Life" akan digelar pada (16/8) di Pantai Malalayang Manado.

Kegiatan dilaksanakan antara lain upacara di bawah laut, penanam bibit terumbu karang, pelepasan bibit ikan kerapu, dan akan dimeriahkan oleh artis-artis ibu kota Slank, J`Rock, Paquita Wijaya, Nadin Candrawinata, Agus Ringo dan lain lain.

Kegiatan ini akan dihadiri langsung oleh Menko Kemaritiman RI serta Komandan Korps Marinir TNI AL Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana.@antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024