Minahasa Tenggara, 5/7 (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara melalui dinas perhubungan (Dishub) mulai melakukan persiapan jelang mudik lebaran bagi para pemudik di kabupaten tersebut dengan menyiapkan tiga bus.

"Kami akan siapkan bus yang ada di Minahasa Tenggara untuk mengangkut para pemudik dari dan ke Minahasa Tenggara. Dan semua bus yang ada akan kita siapkan," kata Kepala Dishub Bernhard Mokosandib di Ratahan, Minggu.

Dirinya menambahkan armada yang akan disiapkan Pemkab ini mulai diaktivkan pada pekan depan untuk mengantisipai banyak para pemudik di daerah tersebut.

"Armada ini akan dioperasikan H-7 atau H+3. Biasanya lonjakan arus mudik biasanya terjadi mendekati hari `H'lebaran, makanya semua angkutan kita persiapkan supaya layak jalan,"terangnya.

Ditambahkannya, selain menyiapkan angkutan khusus untuk mudik, pihaknya juga akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan angkutan-angkutan umum.

"Kelayakan angkutan akan kita seriusi dengan mengawasi dengan ketat kondisi kendaraan yang beropesi selama mudik. Apalagi kita sudah siapkan posko selama lebaran ini," tukasnya.

Dirinya menambahkan pada para petugas Dishub ini nantinya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian yang bertugas menjaga kelancaran arus mudik.

"Kita juga akan kerja sama dengan kepolisian sehingga arus lalu lintas pada saat jelang puncak mudik masyarakat maupun arus balik nantinya tetap berjalan lancar. Selain itu tetap berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Sulut," pungkasnya.***4***





Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024